Ditulis pada tanggal 4 Maret 2014, oleh admin1, pada kategori Berita
foto 1

Ketua Kelompok PKM dari MIPA

Bertempat di Ruang MP 1.2 gedung dekanat FMIPA UB  berlangsung pertemuan yang membahas masalah-masalah yang  berkaitan dengan PKM dari Fakultas MIPA.

Pertemuan yang menurut rencana  akan dibuka oleh Dekan FMIPA akhirnya dibuka secara langsung oleh Bapak Pembantu Dekan III Fakultas MIPA Bapak Darjito, S.Si., M.Si, karena Dekan FMIPA kebetulan sedang ada acara .

Dalam presentasinya Bapak Darjito menguliti kelemahan-kelemahan yang saat ini terjadi pada PKM dari FMIPA yang diantaranya adalah

  1. Waktu yang pendek kurang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa peserta PKM, sehingga kendala dalam penelitian, ketersediaan bahan ataupn  hal-hal lain biasanya baru terdeteksi pada saat injury time.
  2. Kurang terbukanya mahasiswa dengan dosen pendamping tentang masalah yang dihadapi dan menjadikan waktu sebagai kambing hitam (sulit mencari dosen pendamping karena kuliah dll)
  3. Keterlibatan jurusan dan laboratorium yang masih kurang maksimal.

Untuk menyiasati hal tersebut ada beberapa hal  yang akan dilaksanakan pada PKM periode ini yaitu

  1. Kartu kendali akan dibagikan kepada seluruh peserta PKM (26 Kelompok)
  2. Empat (4) dosen dari masing-masing jurusan di FMIPA akan diperbantukan sebagai  dosen “pendamping bayangan”  yang tugasnya adalah membantu jika mahasiswa kesulitan untuk berkonsultasi dengan dosen “pendamping yang asli”.
  3. Secepat mungkin mencari solusi dan melaporkannya jika terdapat  kendala pada kegiatan-kegiatan pkm, baik yang berupa ketersediaan bahan penelitian, jadawal kuliah dan penelitian yang berbenturan dll

Dekan dan Pembantu Dekan I yang masuk kedalam ruangan pada saat pemaparan dari Bapak Darjito, ditodong untuk memberikan sepatah 2 patah kata.

foto 3

Prof.Dr. Marjono, M.Phil berkenan memberikan masukan

Dalam  sesi tanya jawab terdapat beberapa hal yang bisa digaris bawahi

  1. PKM yang maju ke PIMNAS bisa dijadikan judul Tugas Akhir dengan bantuan dosen pendamping satu judul bisa dibuat menjadi beberapa judul dengan titik berat yang berbeda karena setiap orang dalam kelompok mempunyai tugas-tugas yang berbeda.
  2. Adanya Kartu kendali sangat disetujui.
  3. Fakultas MIPA mendukung penuh kegiatan tersebut dan berharap suport  dari jurusan.
foto 2

Dosen pendamping dengan serius mendengar pemaparan Pembantu Dekan III