Ditulis pada tanggal 18 Oktober 2013, oleh wf oetami, pada kategori Berita, Visiting Academic

Campbell2

Pada tanggal 17 – 18 Oktober 2013 Jurusan Biologi Fakultas MIPA mengadakan kegiatan Kuliah Tamu, General Lecture dan Review proceeding ICGRC dengan nara sumber Dr. Campbell O. Webb dari Harvard University, USA. Kuliah Tamu diperuntukan pada matakuliah Biodiversitas S2 dan S3 Biologi. Sedangkan General Lecture yang dibahas dengan tema The Vital Role of Citizens Students and Technology in Discovering The Biodiversity Of Indonesia By Dr. Campbell O. Webb, Harvard University, USA. Dr. Campbell O. Webb merupakan seorang peneliti yang berpengalaman sebagai diversity informatics dan Peneliti dari The Arnold Arboritum Harvard University, USA.

Makna dari Biodiversitas adalah: diversitas / keragaman genetic, spesies dan ekosistem. Dr. Campbell O. Webb menjelaskan betapa pentingnya berpartisipasi sebagai warga negara Indonesia dalam diversitas dengan mengunggah foto/mengupload foto yang terkait dengan diversitas Indonesia dengan begitu akan bisa diketahui identifikasinya. Hal ini dikarenakan Negara Indonesia merupakan Negara mega biodiversitas sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai diversitas. Hal-hal yang perlu diamati dari penelitian diversitas adalah taksonomi dari tanaman, misalnya mengamati pohon dan distribusinya yang akan dibuat software biodiversity informatics. Alasan utama mengapa dibuat software tersebut karena banyak terdapat kendala dalam indentifikasi tanaman, dengan demikian software ini akan mempermudah dalam pengidentifikasian tanaman dan juga dapat share mengenai pengetahuan tanaman.

Maksud dan tujuan dari General Lecture ini selain membagi ilmu diversitas juga sebagai media untuk mengajak serta para peserta agar mau berpartisipasi dalam mengkonservasi biodiversity. Dalam kesempatan ini, selain sebagai nara sumber dalam kegiatan kuliah tamu, Dr. Campbell O. Webb juga menceritakan mengenai pengalaman beliau sebagai Diversity Informatics. Adapun beberapa dosen terkait sehubungan dengan kegiatan ini antara lain: Dr. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., Prof. Dra. Fatchiyah, M.Kes., Ph.D., Dr. Serafinah Indriyani, M.Si., Dr. Endang Arisoesilaningsih, MS., Dr. Sri Widyarti, M.Si.