Ditulis pada tanggal 29 Maret 2015, oleh Adm, pada kategori Dekanat Note

PD 2aPenilaian Prestasi Kerja PNS atau disingkat P2KP sudah lama dikeluarkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. Peraturan ini mempunyai 2 cakupan yaitu perencanaan dan evaluasi yang ternyata tidaklah mudah implementasinya di tingkat teknis. Setidaknya untuk kalangan dosen, walaupun borang excell-nya nampak sederhana, tetapi pengisiannya terkait dengan peraturan lainnya, misalnya peraturan tentang penilaian angka kredit dosen, Peraturan tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, dsb. Seorang dosen harus menyadari kedudukannya saat ini untuk merencanakan karir jabatan akademiknya dalam kurun waktu setidaknya 4 tahun mendatang. Sementara itu dosen yang mempunyai jabatan Tugas Tambahan seperti Rektor, Dekan, Pembantu Dekan, dan lainnya, sangatlah berbeda substansi pengisiannya karena terkait dengan target kerja struktural masing-masing jabatan. Masalah lain timbul ketika atasan langsung harus menilai dengan valid tentang unsur perilaku kerja yang sangat sensitif dan bisa mengarah ke “like and dislike”. Diperlukan penilaian kerja yang obyektif, terukur dan dapat diterima hasilnya, disamping juga harus dapat berfungsi sebagai “peringatan bahkan punishment” bagi pegawai yang berkinerja rendah. Hal ini penting karena hasil P2KP akan menjadi landasan pemeringkatan remunerasi pegawai. Dengan hasil yang baik maka pemenuhan hak-hak pegawai dapat diselenggarakan dengan berkeadilan. Semoga kita dapat melaksanakannya sesuai tujuan yang diharapkan PP tersebut.