Ditulis pada tanggal 20 November 2014, oleh admin1, pada kategori Berita

lktm1Tim perwakilan FMIPA Universitas Brawijaya kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional dengan diraihnya predikat Juara 1 Lomba Karya Tulis Mahasiswa Nasional GRAVITASI 2014 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar. Kompetisi ini diselenggarakan pada 12-14 November 2014 di Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Pada kompetisi LKTM Nasional GRAVITASI 2014 ini terdapat tiga tahap tahap seleksi yaitu abstrack selection, paper selection dan Final stage. Tim FMIPA yang terdiri dari Benny Chandra Monacho, Dwiky Ramadian, Desak Ketut Tristiana Sukmadewi, dan Ayu Arsyi Anggraini bersaing dengan peserta lainnya dari seluruh Indonesia diantaranya Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Tadulako, Universitas Muhammadyah Makassar, dan Universitas Negeri Makassar.

Pada Grandfinal, tim FMIPA Brawijaya membawakan 2 paper yaitu DETECTIVE (Detergen Filter Effective Solution) Automatic IPASS Non Electrick sebagai Solusi Efektif Pengolahan Limbah Cair Detergen Rumah Tangga dalam Mengurangi Senyawa Linear Alkyl Benzene Sulfonat/ Alkyl Benzene Sulfonat Berbasis Eco Green Technology dan Perancangan Desain Sistem Kontrol Parkir Otomatis dengan RVID Card Berbasis Utilization of Underground Area. Dengan persiapan yang dilakukan baik sebelum menuju Makassar maupun pada perjalanan kompetisi, tim FMIPA Brawijaya berhasil meraih Juara 1 untuk paper dengan judul “Perancangan Desain Sistem Kontrol Parkir Otomatis dengan RFID Card Berbasis Utilization of Underground Area” dan peringkat ke-4 untuk paper dengan judul “DETECTIVE (Detergen Filter Effective Solution) Automatic IPASS Non Electrick sebagai Solusi Efektif Pengolahan Limbah Cair Detergen Rumah Tangga dalam Mengurangi Senyawa Linear Alkyl Benzene Sulfonat/ Alkyl Benzene Sulfonat Berbasis Eco Green Technology” mengalahkan 10 Finalis lainnya. Adapun untuk Juara 2 diraih oleh Universitas Jenderal Soedirman dengan judul Fotobioreaktor Tubular Botryococcus Braunii Sebagai  Media  Biofiksasi Karbon  Dioksida  (CO2)  Dari  Limbah Asap Industri dan Juara 3 diraih oleh Universitas Tadulako Palu dengan judul Portable  solar  charger : Inovasi charging  piranti  elektronika  berdaya rendah  berbasis  micrometer Arduino Uno.

Semoga karya kreatif mahasiswa dapat terus menjadi pioneer pendukung kebangkitan Inovasi Indonesia. Dan inilah salah satu bukti nyata bahwa mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya kreatif dan berdaya saing tinggi. Majulah Inovasi MIPA, Jayalah Brawijaya!