Ditulis pada tanggal 19 Januari 2016, oleh admin1, pada kategori Berita

gb1Baru-baru ini korea invention news (KINEWS) selaku organisasi penyelenggara Korea Inventor Award Festiva di Seoul, Korea Selatan, memberikan penghargaan creative inventor kepada Hadiatullah, Mahasiswa yang masih tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, Malang. Atas invention atau penemuan yang ia ciptakan bersama tim nya ia mampu menjadikan ekstrak alga sebagai bahan utama pembuatan kertas dengan berbagai macam jenis.

Even yang dihelat di Grand Ballroom, Best Western Premier Seoul Garden Hotel, Seoul, Korea Selatan (13/12) diikuti oleh berbagai macam negara di Asia, dan ia merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia dan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai creative inventor dan penghargaan order of merit Environmental Science atas penemuan yang ia berikan nama “Super Paper”. Penemuan yang ia ciptakan bersama timnya dilatar belakangi semakin maraknya kerusakan hutan di Indonesia yang disebabkan karena semakin meningkatnya angka penebangan kayu sebagai bahan pembuatan kertas, kondisi ini tentunya akan berdampak pada rusaknya ekosistem hutan dan dapat memperparah adanya global warming. Realita ini menginisiasi ia bersama timnya untuk mencari alternatif bahan pembuatan kertas yang memiliki kualitas super dan dapat digunakan oleh masyarakat sekitar. Dan akhirnya ia menjadikan ekstrak alga sebagai bahan dasar pembuatan kertas yang difermentasi dengan bakteri. Untuk menghasilkan beberapa variasi kertas, ditambahkan pulp dari limbah pelepah pisang dengan beberapa konsentrasi.

gb2Hadiatullah berharap semoga penemuan yang ia temukan bersama timnya dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi  untuk Indonesia dalam melestarikan hutan dan mempertahankan icon Indonesia sebagai negara megabiodiversitas.