Ditulis pada tanggal 28 April 2015, oleh admin1, pada kategori Berita

mp13Keberhasilan FMIPA meraih 4 medali pada PIMNAS tahun 2014 tidak terlepas dari adanya “intervensi” dari pihak fakultas yang secara rutin dan berkesinambungan melakukan pembinaan bagi kelompok PKM, ada sekitar 15 % yang akhirnya berhasil. Dari segi presentase mungkin sangat kecil, tapi merupakan penyumbang medali terbanyak bagi UB. Untuk tahun ini terdapat 43 proposal berhasil didanai, ada peningkatan 60% dari tahun lalu.

pertemuanSemakin banyak proposal didanai membuat semakin besar pula tanggung jawab yang diemban Fakultas MIPA. Sejauh mana dosen dan mahasiswa sebagai pelaku utama berkiprah dalam berbagai jenis PKM perlu diketahui oleh Fakultas. Monitoring dan Evaluasi (MONEV) diadakan sebagai alat ukur untuk mengetahui hal tersebut.

mp17Sabtu, 25 April 2015 fakultas mengadakan monev internal, hasil dari monev internal akan dipakai sebagai data atau persiapan bagi monev selanjutnya yang akan diadakan oleh Universitas, jika sesuai rencana akan dilaksanakan diawal bulan Mei.

Sebanyak 43 kelompok dibagi menjadi 6 kelas monev yang dilaksanakan serentak mulai pukul 08:00 s.d. 12.00 WIB, secara garis besar hasilnya kurang bagus, biasanya karena waktu Monev Dikti masih lama sehingga cenderung lebih santai, sebuah hal yang “agak salah” karena biasanya kendala akan muncul jika proses penelitian ataupun implementasi sudah hampir selesai.

Secara garis besar beberapa permasalahan yang pokok

  1. PKMP, PKMKC, PKMT progress is still below 40%
  2. PKMK masih ada yang belum mempunyai produk bahkan ada yang masih sebatas wacana
  3. PKMM belum bersosialisasi dengan masyarakat target
  4. Komunikasi dosen pembimbing dan mahasiswa masih kurang

Hal-hal tersebut harus segera dibenahi agar kelak tidak menjadi sebuah batu sandungan.

download hasil MONEV Internal