Ditulis pada tanggal 2 Juni 2014, oleh admin1, pada kategori Berita

 

monev_internalBeberapa hal-hal yang kecil kadang menentukan tingkat keberhasilan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), apakah sukses lolos ke jenjang yang lebih tinggi yaitu PIMNAS atau terbuang karena gagal bersaing. Perbedaan pola pikir mulai dari tingkat pimpinan hingga mahasiswa yang dahulu cukup puas dengan pendanaan saja kini berubah menjadi terobsesi untuk mengikuti PIMNAS menjadi acuan bagi pihak Fakultas MIPA untuk mendorong semua elemen untuk ikut mendukung even tersebut.

 

Salah satu kegiatan yang diadakan adalah Monev Internal pada hari Sabtu 31 Mei 2014. Monev ini merupakan monev resmi yang pertama yang diadakan, setelah sebelumnya sempat diadakan dua kali monev, yang pertama dititik beratkan pada hubungan antara dosen dan mahasiswa yang ditandai dengan penyerahan kartu kendali konsultasi, yang kedua dititik beratkan pada kendala-kendala di lapangan dan target untuk upload kemajuan laporan yang ditandai dengan penyerahan logbook.

 

Monev kali ini menitik beratkan pada model miniatur  monev Dikti, dimana seluruh peserta melakukan presentasi selama lebih kurang 10 menit  dan sesi tanya jawab sekitar 5 menit. Sebanyak 26 kelompok PKM dibagi menjadi 4 kelas (Ruang mp 1.3, mp 1.4, mp 1.5, mp 1.6). Secara garis besar ada beberapa kesalahan mendasar dalam presentasi yaitu penekanan titik berat PKM.

 

  1. PKM-P seharusnya hanya data-data penelitian yang ditampilkan, mempunyai nilai lebih jika sudah diseminarkan
  2. PKM-KC mempunyai ide yang segar dan bisa diimplementasikan, mengarah ke pembuatan prototype
  3. PKM-T  sudah ada minimal prototype yang dihasilkan.
  4. PKM-K sudah ada produknya dan sudah dijual, bagus kalau di lingkup regional bukan di kampus

 

Monev tingkat Universitas sendiri menurut rencana akan diadakan pada tanggal 10 Juni 2014, jadi masih ada waktu sekitar 10 hari untuk perbaikan laporan, presentasi dll.