Ditulis pada tanggal 11 Juni 2014, oleh admin1, pada kategori Berita

foto2Satu lagi prestasi Indonesia dimata dunia kembali ditorehkan oleh mahasiswa yang tergabung dalam LSO RITMA BEM FMIPA Universitas Brawijaya dalam International Young Invention Award (IYIA) 2014.  Kompetisi ini diselenggarakan pada 4-6 Juni 2014 di Bidakara Hotel, Jakarta. Pada kompetisi ini diikuti oleh berbagai inovator muda dunia dari Indonesia, Malaysia, Taiwan, Korea, Polandia, Thailand, Egypt, Croatiaa, Krygiztan, dan Canada.

Pada kompetisi International Young Invention Award 2014 terdapat dua tahap seleksi yaitu Preliminary stage dan Final stage. Tim RITMA yang terdiri dari Benny Chandra Monacho, Rizal Yulistio Aji, Dwiky Ramadian, Desak Ketut Tristiana Sukmadewi, dan Ayu Arsyi Anggraini telah mengikuti seleksi awal (preliminage stage) dan dinyatakan lolos sebagai 10 Innovator terbaik Association of Young Innovators and Scientist Indonesia (AYISI) dan berhak menuju tahap final (Final Stage). Pada Final Stage, Tim RITMA yang diwakili oleh Benny Chandra Monacho dan Rizal Yulistio Aji meraih Silver Medall dengan inovasi DETECTIVE (Detergent Filter Effective Solution). Alat ini berfungsi untuk memfilter limbah detergen menjadi air bersih dengan pH netral, sehingga air hasil saringan dapat digunakan untuk mencuci kembali dan tentunya aman untuk dialirkan menuju ekosistem air.

Tak hanya Silver Medall yang berhasil mereka bawa pulang, tim RITMA juga memperoleh AYISI Innovation Awardyang diberikan atas of The Highest Standard of Excellence. Award ini diberikan oleh Association of Young Innovators and Scientist Indonesia (AYISI).

Semoga karya kreatif bangsa Indonesia dapat terus menjadi pioneer pendukung kebangkitan Inovasi Indonesia di mata dunia. Dan inilah salah satu bukti nyata bahwa inovasi indonesia diakui di skala International. Majulah Inovasi Indonesia!