Ditulis pada tanggal 5 Desember 2013, oleh admin1, pada kategori Dekanat Note

PD 3aSetiap tahun  mahasiswa S1 di Universitas Brawijaya dan Universitas diseluruh Indonesia melakukan pemilihan wakil wakilnya untuk mengelola organisasi kemahasiswaan. Saat ini kesibukan pemilihan telah terlihat mewarnai setiap sudut kampus. Baliho tentang sosialisasi dan foto calon dari para calon ditingkat universitas dan fakultas tersebar dimana-mana, semarak penuh warna.

Gempita dan dinamika tak kalah dengan kesibukan para polikus, partai politik dalam pemilu kada maupun pemilu nasional. Di Universitas Brawijaya  partisipasi pemilih relatif paling banyak dibandingkan universitas lain di Indonesia walaupun prosentase dari keseluruhan mahasiswa masih dibawah 40 persen. Dibalik kesuksesan dalam melaksanakan pemilihan namun selalu saja ada permasalahan yang mencuat  walaupun  selalu ada jalan keluar yang elegan. Permasalahan yang mencuat seringkali adalah permasalahan yang pernah terjadi ditahun tahun sebelumnya. Mengapa hal ini bisa terjadi?, pertanyaan ini yang sering terdengar dari masyarakat.

Masyarakat tidak salah mempertanyakan hal tersebut karena mahasiswa terlanjur dianggap sebagai kelompok intelektual, penjaga moral bangsa, agen perubahan, kontrol sosial dan label label lain yang ideal. Sehingga ketika ada hal yang tidak ideal muncul di mahasiswa maka masyarakat akan mulai mempertanyakan tentang kelayakan menyandang label label ideal tersebut. Sejauh masih hanya sebatas mempertanyakan maka ini dapat dimaknai sebagai pengingat untuk melakukan instropeksi dan melakukan langkah langkah perubahan yang kontruktif untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Jangan pengingat ini diabaikan!!! Jangan masyarakat dibuat menjadi sinis…….

Pemilihan wakil mahasiswa saat ini ….merupakan salah satu ajang…. Salah satu etalase….. bagi mahasiswa untuk menunjukkan wajah mahasiswa Indonesia pada umumnya dan wajah mahasiswa Universitas Brawijaya pada khususnya…. Kepada masyarakat bahwasanya mahasiswa memang layak menyandang label-label ideal yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia, untuk mencapai cita-cita bangsa adil makmur berdasarkan ideologi bangsa.

Semoga pemilihan wakil mahasiswa Universitas Brawijaya bisa dijadikan contoh ideal bagi Indonesia yang akan melakukan pemilu tahun 2014….. siap ???