Ditulis pada tanggal 8 November 2013, oleh Adm Akd, pada kategori Berita

Workshop KKNIPada hari Rabu, 06 November 2013 tepatnya di Graha Sainta FMIPA UB telah dilaksanakan Workshop dengan tema “KKNI dan Penentuan Arah Kurikulum Nasional , Kebijakan Umum dan Implikasinya”. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 – 16.00 WIB dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UB yang diwakili oleh Pembantu Dekan I, Bpk. Drs. Arinto Yudi Ponco W, M.Sc, Ph.D.

 Tujuan diadakan workshop ini adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang Peraturan Pemerintah Nomor : 08 Tahun 2012 kepada Dosen di lingkungan Fakultas MIPA UB mengenai KKNI dan Kurikulum Nasional  beserta Kebijakan Umum dan Implikasinya.

Workshop ini sangatlah penting adanya mengingat KKNI sangat erat kaitannya dengan kurikulum dan kebijakan yang menjadi pijakan utama bagi institusi pendidikan, yang mana KKNI nantinya akan dijadikan rujukan dalam kurikulum dan penjaminan mutu pendidikan di seluruh indonesia termasuk di FMIPA UB sehingga capaian belajar lulusan nantinya (Learning outcomes)  juga mengacu  atau berstandar KKNI.

Workshop ini menghadirkan Bpk. Prof. Dr. Ir. Hendrawan Soetanto, M. Rur., Sc , beliau adalah tim ahli KKNI Pusat dan tim dari   LP3 UB yaitu  Bpk. Sukir Maryanto, Ph.D sebagai nara sumber. Workshop yang berlangsung sehari dengan materi pertama yaitu “KKNI dan Penentuan Arah Kurikulum Nasional” dan materi kedua yaitu “Kebijakan umum dan Implikasinya”. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan diskusi antara Pemateri dengan Peserta Workshop.

KKNI itu sendiri merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang mana penjenjangan kualifikasi  ini ada 9 level. Level 1 setara dengan lulusan pendidikan dasar,  dst  hingga level 9 setara lulusan S3 dan menurut nara sumber pencapaian level ini bisa ditempuh melalui berbagai alur (dunia pendidikan formal, pengalaman atau belajar mandiri, dunia industri atau dunia kerja dan dunia profesi & sertifikasi profesi)    dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja diberbagai sektor.

Selain itu di akhir acara workshop juga dilakukan evaluasi pelaksanaan  dengan hasil sebagai berikut : Relevansi materi yang disampaikan dengan tujuan workshop 94 % responden menjawab sangat sesuai dan sesuai, Kemampuan Pemateri  70%  menjawab sangat mampu dan mampu, fasilitas yang disediakan 80% menjawab sangat mendukung dan mendukung, tertib pelaksanaan acara 69% menjawab sangat tertib dan tertib, tertib pemateri 43% menjawab sangat tertib dan tertib, tertib pelaksanaan dari peserta 76% menjawab sangat tertib dan tertib sedangkan manfaat workshop dalam mendukung tugas dosen 66% menjawab sangat bermanfaat dan bermanfaat. Dari beberapa responden juga mengusulkan beberapa hal antara lain :  perlu adanya tindak lanjut acara workshop sampai penyusunan RPKPS; acara workshop ini harus dilakukan secara berjenjang dan berulang/beberapa kali; secara umum acara ini cukup bermanfaat namun perlu dilanjutkan ditingkat jurusan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

(oleh : Sri Aminin, S.IP, M.AP,  Kasubbag Akademik FMIPA UB)