Ditulis pada tanggal 2 Desember 2013, oleh Adm Akd, pada kategori Berita

JurnalPada hari Rabu, (27 /11) bertempat di Ruang Pertemuan FMIPA UB telah dilaksanakan workshop dengan tema “Pengelolaan dan akreditasi jurnal ilmiah berdasarkan peraturan akreditasi tahun 2013”.  Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 – 16.00 WIB dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UB yang diwakili oleh Pembantu Dekan I, Bpk. Drs. Arinto Yudi Ponco W, M.Sc, Ph.D.

Tujuan diadakan workshop ini adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang pengelolaan dan akreditasi jurnal ilmiah sesuai peraturan akreditasi tahun 2013 kepada pengelola dan Dewan redaksi jurnal  di lingkungan Fakultas MIPA UB.Workshop ini penting mengingat adanya peraturan terbaru dalam proses pelaksaan akreditasi jurnal dan pengelolaan jurnal ilmiah dengan menggunakan OJS ( Open Journal System)

Hadir dalam acara ini 2 orang nara sumber yaitu Kuswanto beliau adalah pimpinan redaksi jurnal AGRIVITA dan pengelola jurnal AGRIVITA yaitu Silvia Santi Wahyuni. Workshop yang berlangsung sehari dengan materi pertama yaitu “Pengelolaan dan akreditasi jurnal ilmiah berdasarkan peraturan akreditasi tahun 2013 ” dan materi kedua yaitu “Pengelolaan jurnal ilmiah dengan open journal system- OJS”. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan diskusi antara Pemateri dengan Peserta Workshop.

Pedoman akreditasi berkala ilmiah merupakan  panduan bagi tim akreditasi terbitan berkala ilmiah untuk melakukan akreditasi. Fungsi pedoman akreditasi untuk memenuhi persyaratan mutu minimum agar mendapat pengakuan, meningkatkan mutu terbitan dan untuk meningkatkan komunikasi ilmiah antara peneliti dan masyarakat pengguna.

Sistem OJS (Open Journal System) merupakan sistem pengaturan dan penerbitan jurnal dan website. Semua proses pengelolaan, sejak dari submission, proses komunikasi redaksi dengan penulis, proses review dan publikasi dilakukan dengan OJS. OJS merupakan solusi mengatasi kerumitan proses yang sering dirasakan oleh penulis serta redaksi dan kurang efektif dan efisiennya proses penerbitan.

( oleh : Suriyati, SE, MM . Pengelola Jurnal Natural-B )