Ditulis pada tanggal 25 September 2013, oleh Adm Akd, pada kategori Berita

Layanan KelasDalam rangka meningkatkan kualitas layanan proses belajar mengajar dari waktu ke waktu, FMIPA UB selalu berupaya melakukan perubahan ke arah perbaikan layanan. Salah satu upaya tersebut adalah dilaksanakannya program kerja di bidang akademik berupa kegiatan Workshop Pengelolaan Presensi Secara Online. Acara ini dibuka secara resmi oleh Pembantu Dekan I FMIPA, Drs. Arinto Yudi Ponco Wardoyo, M.Sc,Ph.D.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 September bekerjasama dengan UPPTI UB. Sebagai pemateri sengaja dipilih orang-orang yang berkompeten di bidangnya antara lain Ketua PPTI UB, Raden Arief Setyawan, dan staf PPTI lainnya seperti M. Chandra Saputra, Farid Ahmadi, Yogi Kurniawan, Davi Nugraha dan Agung Wicaksono. Peserta workshop terdiri staf subbag akademik FMIPA UB yang bertugas sebagai pengelola mata kuliah jurusan maupun MKU.

Materi workshop difokuskan pada Pengelolaan Presensi Online dan Aplikasinya. Selain memfokuskan pada materi tersebut, juga ada sosialisasi mengenai presensi perkuliahan menggunakan kartu. Hal ini akan diimplementasikan sekitar bulan Nopember 2013 bekerja sama dengan Bank BCA.

Sedangkan implementasi dari presensi online direncanakan sebelum UTS Smt Ganjil 2013/2014 sesuai komitmen panitia penyelenggara dengan peserta workshop.

Output dari workshop ini diharapkan para peserta terampil dalam pengelolaan presensi perkuliahan secara online, dan jika program ini diaplikasikan kinerja di subbag akademik akan semakin mudah, efisien dan efektif. Output lain selain memudahkan pengelola presensi juga para pengguna layanan baik mahasiswa, orang tua mahasiswa, institusi, dan para dosen bisa melihat dan mengevaluasi sampai sejauh mana perkuliahan dilaksanakan dan diikuti oleh peserta perkuliahan dari setiap mata kuliah.

Antusias para peserta terhadap dilaksanakan program ini bisa dilihat dari hasil evaluasi pelaksanaan sebagai berikut : 80 % peserta menjawab bahwa workshop ini sangat bermanfaat dalam mendukung tugas yang bersangkutan, 93 % menjawab bahwa materi yang disampaikan relevan dengan tujuan workshop yaitu meningkatkan layanan proses belajar (PBM) di FMIPA UB .

(oleh Sri Aminin – Kasubbag Akademik FMIPA UB)