Tiga gempa besar yang mengguncang pulau Lombok NTB, menyebabkan lebih dari 400 orang meninggal dunia, sekitar 1.033 korban dirawat dan lebih dari 300 ribu penduduk mengungsi. Status tanggap darurat ditetapkan sampai tanggal 11 Agustus 2018. 

Sebagai tindak kepedulian terhadap bencana yang terjadi, Alumni FMIPA UB salurkan dana puluhan juta rupiah melalui alumni yang berdomisili di Lombok juga tim yang dikordinir untuk penyaluran langsung kesana. Penyaluran bantuan berupa barang dikelola oleh HMJ Biologi  yang berlokasi di samping gedung Jurusan Biologi FMIPA UB.

“Alhamdulillah dana untuk Lombok sudah terkumpul sebanyak Rp. 5.050.000,- dari dosen, tendik dan Jurusan Biologi” kata Zulfaidah, dosen aktif dan kordinator dari Biologi. Dana tersebut disalurkan melalui Rahadi Wirawan (Alumni FIS angkatan 1991). 

“Bantuan  juga kami kirimkan pada alumni FMIPA yang kebetulan berdomisili di dekat Senggigi dan Mataram, Iwan dan Santy Pristianigrum (alumni angkatan 1994)”, ucap Husnul Khotimah, salahsatu kordinator.

Bantuan ini diharapkan dapat mengurangi beban pasca bencana yang terjadi di Lombok. [yogie]