Kamis (19/9/2019), Dekan FMIPA, Prof.Drs. Adi Susilo, M.Si.,Ph.D  menerima kunjungan dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya di Lantai 7 Gedung MIPA CENTER UB. Kunjungan yang terdiri dari 15 orang ini dilatar belakangi oleh prestasi berturut-turut yang ditorehkan FMIPA UB dalam ajang kemahasiswaan baik tingkat Nasional maupun Internasional beberapa waktu lalu. Dipimpin oleh Wadek III, Dr. Sifak Indana, M.Pd, beserta para pembimbing kemahasiswaan dari setiap program studi di FMIPA UNESA, menyampaikan apresiasi atas prestasi FMIPA UB dalam membimbing mahasiswa untuk berkompetisi dalam ajang tingkat regional, nasional dan Internasional.

Kunjungan kali ini bermaksud untuk kerjasama dalam hal bimbingan konseling kemahasiswaan. Hadir sebagai pembina ONMIPA, Drs. Mohammad Misbah Khunur, M.Si dan Drs. Danar Purwonugroho, M.Si  memaparkan strategi dan kendala dalam mengembangkan minat bakat mahasiswa sejak awal perkuliahan. Menurutnya, terdapat kesamaan kendala yang dihadapi para pembimbing kemahasiswaan saat ini yakni tingkat motivasi dan daya minat mahasiswa pada kompetisi kemahasiswaan. Sulitnya mencari bibit unggul menjadi kendala yang signifikan dalam menemukan calon – calon juara. Disamping itu, mencari dosen pembimbing yang kompeten dibidangnya juga menjadi hambatan yang berarti.

“Kendala kita sama, minat mahasiswa sangat kurang, kecuali ada mahasiswa yang pernah mendapat training nasional, baru mudah membimbingnya”. ujar Danar.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan III,  Darjito, S.Si., M.Si memaparkan ruang lingkup kemahasiswaan dari tingkat internasional, regional, nasional, wilayah dan tingkat institusi di FMIPA UB. Beliau menjelaskan bahwa dalam melakukan pembinaan harus disadari bahwa institusi sedang berinvestasi untuk perkembangan penalaran kemahasiswaan. Kesabaran sangat diperlukan dalam praktek dilapangan. Wadek III FMIPA juga berharap bisa bekerjasama dengan FMIPA UNESA kedepannya dalam pembinaan kemahasiswaan agar prestasi masing-masing institusi makin meningkat (yogie).