Senin, 30 September 2019, telah berlangsung kuliah tamu Jurusan Statistika, Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Acara dilangsungkan di Gedung Mipa Center lantai 1. Kuliah tamu ini menghadirkan Prof. Nicholas T. Longford dari Imperial College London, UK. Kuliah tamu ini dikemas dalam bentuk workshop yang dihadiri oleh para dosen Jurusan Statistika dan mahasiswa sarjana serta magister Statistika FMIPA UB dengan total peserta sekitar 60 orang.

Acara dibuka oleh Dekan FMIPA UB, Prof. Drs. Adi Susilo, M.Si., Ph.D. Beliau memaparkan bahwa kuliah tamu ini penting untuk memperkaya pengetahuan tentang perkembangan ilmu statistika dan juga diharapkan dapat memperluas jaringan kerjasama penelitian.

Dalam kesempatan ini, Prof. Longford menyampaikan dua materi yang terbagi dalam dua sesi, pagi dan siang. Pada sesi pertama dibahas tentang “Causal Inference in Social Statistics”. Pada sesi ini beliau memberikan paparan tentang bagaimana melakukan analisis kausalitas ketika tidak dimungkinkan proses randomization (pengacakan) pada obyek penelitian yang diobservasi. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan dua tahap dengan menggunakan Propensity Analysis dan dilanjutkan dengan melakukan analisis perbandingan pada tahapan berikutnya. Untuk lebih memantapkan pemahaman para peserta, di akhir sesi Prof. Longford memberikan ilustrasi bagaimana melakukan proses analisis dengan menggunakan software R.

Pada sesi kedua, Prof. Longford memberikan materi tentang “How to write a scientific paper in Statistics”. Beliau menjelaskan dengan detail tahapan-tahapan dalam membuat tulisan ilmiah dengan fokus di bidang statistika dengan padat, singkat dan jelas sesuai dengan misi jurnal yang dituju. Tahapan-tahapan meliputi bagaimana cara menulis judul, menuliskan abstrak, menekankan kontribusi penelitian, penataan hasil dan pembahasan juga penulisan kesimpulan.