Kamis (21/11) Telah berlangsung pertemuan antara pihak Dekanat dengan pihak mahasiswa FMIPA. Apa Kabar MIPA (AKAMI) diselenggarakan oleh Kementrian Advokesma dan Humas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya (UB). Pertemuan tersebut membahas permasalahan-permasalahan yang ada di FMIPA UB. Beberapa hal yang dibahas antara lain mengenai lahan parkir, layanan sarana dan prasarana kuliah, daya listrik gedung, fasilitas ibadah dan kualitas jaringan wifi.

Pertanyaan tersebut ditanggapi oleh Dekan FMIPA, Prof. Drs. Adi Susilo,M.Si, Ph.D bahwa fasilitas lahan parkir ditentukan pihak rektorat. Beliau mengatakan bahwa lahan parkir sudah disediakan di seluruh wilayah UB dan tersedia tukang parkirnya. Beliau juga menjelaskan bahwa perangkat wifi sedang dalam proses rekondisi dan kuantitasnya ditambah sehingga warga FMIPA dapat menggunakan dengan maksimal.

Peserta sangat antusias bertanya di sesi diskusi, diantaranya dari perwakilan BEM FMIPA. Ia menanyakan tentang fasilitas mahasiswa disabilitas yang terkesan kurang maksimal. Menurutnya, kemiringan jalan yang tersedia terlalu curam dan tidak sesuai standar. Kemudian ia juga menuntut fasilitas kamar mandi untuk mahasiswa disabilitas yang belum tersedia. Wakil Dekan II, Prof. Sukir Maryanto, M.Si, Ph,D menyampaikan tentang kondisi keuangan FMIPA dan menjelaskan bahwa dekanat sudah menyediakan fasilitas sesuai standar BAN-PT.

“Kami akan perbaiki fasilitas untuk mahasiswa disabilitas segera”, ujar Dekan. Sementara pertanyaan dari Edo, salah satu mahasiswa Jurusan Fisika adalah mengenai penggunaan ruang untuk kegiatan mahasiswa yang terkesan dipersulit. Dekan menjelaskan bahwa tidak ada maksud untuk menghambat kegiatan mahasiswa, namun untuk mekanisme peminjaman ruangan diluar hari aktif  mengalami sedikit kesulitan dengan jadwal piket penjaga ruang. “Jadi untuk kegiatan diusahakan di hari aktif mengingat faktor keamanan gedung”, ujar Dekan.(yogie)