Sabtu(29/2), Wakil Rektor III UB, Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim , M.Si. membuka seleksi ONMIPA 2020 tingkat Perguruan Tinggi di Fakultas MIPA gedung MIPA CENTER. Dengan dihadiri para pimpinan Fakultas bidang kemahasiswaan, Wakil Rektor III UB mengatakan bahwa prestasi mahasiswa kita harus ditingkatkan. Dalam rangka mempersiapakan tim yang akan berangkat mewakili UB ke Olimpiade tingkat Nasional, kali ini seleksi diikuti oleh 232 mahasiswa yang terdiri dari 15 peserta FPT, 1 peserta FT, 9 Peserta FK, 5 peserta FPIK, 153 peserta FMIPA, 19 peserta FTP, 22 peserta FKH, 1 peserta FILKOM, dan 3 peserta UB Kediri. Sesuai dengan laporan Dekan FMIPA, Prof. Drs. Adi Susilo, M.Si., Ph.D dalam sambutannya.

“Tahun ini kalau bisa kita targetkan dapat medali emas lah”, tutur Abdul Hakim. Beliau menyampaikan bahwa prestasi yang pernah diraih UB sejak tahun 2105 sampai dengan 2019 perlu ditingkatkan. Berdasarkan catatan pada tahun 2018 hanya 1 medali perak, dan pada tahun 2019 mendapat 3 medali perunggu. “Kita harus bangkit seperti PIMNAS, dan belajar banyak dari ITB yang memborong 7 medali emas”, paparnya. Menurutnya, paling tidak kita bisa mengulang prestasi di tahun 2014 dimana UB mendapatkan 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Seleksi tingkat Universitas diadakan untuk menentukan maksimal 7 mahasiswa terbaik pada masing-masing bidang studi sehingga dapat melaju ke seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah Jawa Timur). Peserta seleksi tingkat Universitas diberikan soal yang dikerjakan dalam empat sesi dengan durasi 1 jam per sesi.   (yogie)