Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 tahap I kurang dua hari lagi.  Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kamis (2/7/2020) pukul 14.00 WIB, sejumlah 703.875 peserta akan mengikuti UTBK 2020, sebanyak 579.069 peserta akan mengikuti tes di tahap I dan 124.806 peserta di tes tahap II.

Persiapan terus dilakukan baik oleh lembaga pusat UTBK maupun peserta. Selain persiapan akademis, ada beberapa hal penunjang yang juga wajib menjadi perhatian perserta mengingat tes dilaksanakan di masa pandemi Covid-19.

Melansir dari laman selma.ub.ac.id, berikut sejumlah hal yang harus dipersiapkan dan barang yang harus dibawa oleh peserta UTBK 2020, khususnya yang melakukan tes di Universitas Brawijaya :

Barang yang harus dibawa.
1.    Kartu Tanda Peserta Ujian;
2.    Fotokopi ijazah yang dilegalisasi (bagi lulusan 2018 dan 2019) atau
3.    Surat Keterangan Lulus asli (bagi lulusan 2020) ditandatangani Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto terbaru dan dibubuhi cap sekolah; atau Kartu Identitas Diri (Asli).
4.    Peserta ujian wajib menggunakan masker medis.

Barang yang dianjurkan untuk dibawa.
1.    Pusat UTBK UB tidak mensyaratkan peserta membawa hasil Rapid Test/Surat Keterangan Sehat untuk mengikuti UTBK di UB. Namun demikian, setiap peserta wajib memastikan secara mandiri bahwa peserta sehat secara jasmani dan siap mengikuti UTBK dengan secara disiplin menerapkan protokol kesehatan.
2.    Peserta ujian diperkenankan menggunakan peralatan kesehatan lainnya seperti face shield, sarung tangan atau lainnya jika diperlukan.

Pakaian ketika ujian.

1.    Peserta dilarang mengenakan Kaos Oblong (T-Shirt).
2.    Peserta harus bersepatu.

Hal yang harus diperhatikan sebelum ujian UTBK berlangsung.
1.    Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 60 menit sebelum ujian dimulai.

2.    Keterlambatan dengan alasan apapun sejak waktu tes dimulai (peserta sudah diminta masuk ruang ujian), peserta tidak diperbolehkan mengikuti ujian.
3.    Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain, alat komunikasi seperti telepon seluler, jam tangan (arloji), kamera, modem, segala jenis alat elektronik untuk merekam dan sebagainya.

4.    Maksimal hanya 1 orang pengantar peserta ujian UTBK, wajib membawa kartu identitas (KTP).
5.    Pengantar yang mengendarai R2 maupun R4 bernopol Malang Raya dan berdomisili di Malang Raya, setelah mengantar peserta ujian diwajibkan untuk keluar meninggalkan area kampus UB. Penjemputan peserta ujian dilakukan di luar area kampus UB.
6.    Pengantar Peserta baik kendaraan R2 maupun R4 bernopol Non Malang Raya, otomatis akan dialihkan ke area parkir isolasi dan stand-by di area parkir isolasi selama ujian UTBK berlangsung. Pengantar hanya diperbolehkan menjemput dari Area Parkir Isolasi.