Zoom cukup banyak digunakan oleh para karyawan yang sedang WFH. Zoom juga banyak digunakan untuk keperluan perkuliahan dan media pembelajaran online mahasiswa. Alasannya karena aplikasi ini membutuhkan bandwidth yang ringan dan tidak memakan kapasitas memori yang terlalu banyak, baik di PC atau laptop maupun di smartphone Android atau iPhone.

Selain memiliki fungsi untuk video conference, aplikasi Zoom dibekali dengan fitur membagi layar yang memuat seluruh peserta hingga 300 orang di virtual meeting tersebut, serta dukungan Goohttps://kumparan.com/topic/laptopgle Drive dan Dropbox untuk berbagi dokumen. Pengguna juga bisa mengundang partisipan untuk bergabung ke video conference lewat nomor HP dan email.

Pengguna juga bisa melakukan presentasi langsung dengan membuka file seperti Power Point dan membagikan tampilan layar laptop ke partisipan lain. Zoom mengizinkan salah satu orang dalam peserta meeting untuk menjadi Host atau pimpinan meeting. Jika kamu menjadi Host, kamu bisa menyetel meeting ini dengan tiga model, yaitu with video off atau tanpa video, with video on atau dengan menggunakan video dan Screen Share only atau menampilkan tampilan layar pada laptop atau smartphone untuk presentasi.

Senin (10/8), Dekan FMIPA UB gelar pelatihan penggunaan aplikasi zoom untuk tenaga kependidikan di lantai 7 gedung MC FMIPA. Sebanyak kurang lebih 20 orang staf dan pimpinan menghadiri pelatihan penggunaan aplikasi zoom meeting.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I, Dr. Serafinah Indriani, S.Si., M.Si.  mengatakan pelatihan perkuliahan secara daring ini penting untuk kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi. Wakil Dekan I mengundang instruktur PSIK dari Fakultas Kedokteran UB, Tunggul Laksono, A.Md yang akan memberikan bimbingan teknis penggunaan aplikasi zoom. Kegiatan pelatihan dimulai pukul 09.00 WIB dan diakhiri pukul 15:30 WIB.

Wakil Dekan II, Prof. Sukir Maryanto, S.Si., M.Si., Ph,D mengatakan pelatihan seperti ini akan diadakan berkesinambungan untuk mengupdate kemampuan tenaga kependidikan dalam menunjang kebutuhan kegiatan belajar mengajar terutama secara daring.

“Melihat Fakultas lain yang perkuliahan daringnya berjalan dengan baik, maka kami merencanakan perkuliahan menggunakan zoom dan ujian akhir. Kami akan mengadakan pelatihan – pelatihan berikutnya dan belajar dari Fakultas lain yang sudah berpengalaman.”

Materi yang diberikan terdiri dari cara download aplikasi, instalasi, pembagian room, rekording  dan seting keamanan pada saat menjalankan meeting. Pelatihan ditutup oleh Wakil Dekan I dan dikhiri dengan foto bersama. (yogie)