Rapat Senat FMIPA UB

Senin, 07 September 2020 bertempat di gedung Krida Budaya kampus Universitas Brawijaya, sidang senat tertutup Fakultas MIPA (FMIPA) Universitas Brawijaya digelar untuk pemilihan Dekan (Pildek) periode 2020-2024.

Rapat yang berjalan selama sekitar sejam tersebut dipimpin oleh ketua senat, Prof. Drs. Sutiman Bambang Sumitro,  SU.,D.Sc. dan dihadiri oleh seluruh anggota senat FMIPA UB. Setelah melalui musyawarah untuk mufakat, terdapat dua perbedaan pendapat yang diajukan oleh peserta. Diantaranya adalah mengikuti prosedur pemilihan yang berlaku dan meneruskan aspirasi / hasil pemungutan suara yang disahkan 3 September lalu. Setelah melakukan diskusi akhirnya pimpinan rapat memutuskan untuk melakukan vooting untuk mendapatkan hasil putusan secara adil.

Pemilihan Dekan FMIPA Universitas Brawijaya telah sampai pada tahap Penjaringan dan Pertimbangan di tingkat Senat melalui Rapat Khusus Senat Fakultas MIPA UB. Tiga nama pada penjaringan bakal calon di tingkat bawah yang diselenggarakan Rabu (3/9) yakni Ratno Bagus Edy Wibowo, S.Si., M.Si., Ph.D, kemudian Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc dan Prof. Sukir Maryanto.,S.Si., M.Si., Ph.D masuk pada penjaringan dan pertimbangan kali ini. Melalui mekanisme voting, 37 orang Senat menggunakan hak suaranya. Dari hasil penghitungan diketahui bahwa Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc  unggul dengan 19 suara disusul Prof. Sukir Maryanto.,S.Si., M.Si., Ph.D dengan 11 Suara dan Ratno Bagus Edy Wibowo, S.Si., M.Si., Ph.D, dengan 6 suara. Sementara suara yang tidak sah sebanyak 1 suara.

Selanjutnya Hasil perhitungan suara dalam rapat senat FMIPA ini akan disampaikan pada Universitas sebagai pihak yang berwenang  memilih salah satu dari dua nama calon Dekan yang diajukan oleh FMIPA, keputusan masih dalam koridor di bulan September ini. (yogie)