Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan aktivitas yang wajib diikuti setiap mahasiswa baru. Tujuannya tak hanya mengenalkan program-program perkuliahan, tetapi juga turut membimbing mahasiswa baru dalam mengikuti pembelajaran agar hasilnya optimal.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya akan dilaksanakan menjelang tahun ajaran baru 2020/2021. Rangkaian kegiatan PKKMB fakultas atau yang dulu lebih sering dikenal dengan Ospek Fakultas merupakan acara tahunan untuk mengenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Mahasiswa Baru FMIPA Angkatan 2020 diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PKKMB yang akan dilaksanakan secara daring.

PKKMB Fakultas MIPA tahun ini akan dilaksanakan mulai dari hari Senin, 21 September 2020 sampai dengan Selasa, 22 September 2020 melalui platform Zoom Cloud Meeting. Kegiatan akan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas MIPA dan dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi. Materi yang akan disampaikan pada hari pertama meliputi Wawasan ke-MIPA-an dan peluang kerja, Program pembelajaran  dengan sistem daring, Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Sistem Pendidikan Tinggi serta peraturan dan administrasi akademik. Dihari kedua, mahasiswa baru mendapat materi tentang Sistem Informasi Akademik, Kemahasiswaan  dan Layanan Perpustakaan. Selanjutnya mahasiswa juga akan berinteraksi dengan panitia dari mahasiswa dengan berbagai materi, motivasi dan informasi menarik seputar kemahasiswaan lainnya.

Persiapan terus digelar dalam rangka mensukseskan PKKBM FMIPA 2020. Wakil Dekan III, Darjito, S.Si., M.Si mengadakan kordinasi dengan berbagai lapisan, seperti dengan pemateri, panitia tendik dan juga dari kalangan mahasiswa. Rencananya PKKMB FMIPA 2020 akan diikuti 1052 mahasiswa baru yang akan online bersamaan. Panitia telah menyiapkan kelas – kelas berupa breakout room yang akan diikuti oleh peserta per Jurusan.

Kegiatan PKKMB FMIPA ini disiarkan secara langsung di kanal Youtube, agar orang tua mahasiswa juga dapat memantau kegiatan putra – putrinya.

Wakil Dekan I, Dr. Serafinah Indriyani, S.Si., M.Si berharap semua mahasiswa baru dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PKKMB FMIPA 2020. Hal ini dikarenakan pada semester ini pembelajaran akan dilakukan secara daring, sehingga tentunya mahasiswa baru diharapkan sudah mendapatkan bekal yang cukup untuk mengikuti proses perkuliahan dengan baik dan lancar.

Wakil Dekan III menyampaikan bahwa kegiatan PKKMB FMIPA 2020 bebas dari kekerasan verbal.

“Kami telah berkomitmen sejak dulu tidak akan ada tindakan kekerasan verbal, perploncoan dan buliying”, tegasnya. (yogie)