Peserta PKKMB FMIPA 2020 secara Daring

PKKMB merupakan wahana bagi perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan tinggi.

Senin (21/09), PKKMB Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (FMIPA UB) resmi dibuka oleh Dekan, Prof. Drs. Adi Susilo, M.Si., Ph.D. Dalam sambutannya, Dekan mengucapkan syukur pada Allah Subhanahuwata’ala  dan selamat datang pada mahasiswa baru FMIPA UB yang telah ikut berpartisipasi secara daring / online pada PKKMB FMIPA UB hari ini. Ia berharap acara ini dapat terlaksana dengan lancar demi keberlangsungan proses belajar mengajar kedepannya.

Setelah membuka secara resmi acara PKKMB 2020,  Dekan memperkenalkan para pimpinan Fakultas, Jurusan dan pejabat struktural yang hadir di ruangan. Sesi selanjutnya adalah sambutan Wakil Dekan I, Dr. Serafinah Indriyani,M.Si. Ph.D. Ia melaporkan bahwa mahasiswa yang diterima dan mengikuti PKKMB 2020 sejumlah 1052 peserta, antara lain terdiri dari Mahasiswa Jurusan Biologi sebanyak 128, Jurusan Fisika 285 (3 Program Studi Fisika, Instrumentasi, Geofisika), Kimia sebanyak 171 peserta, Jurusan Matematika sebanyak 259  peserta (Program studi Matematika dan Aktuaria), Jurusan Statistika sebanyak 129 peserta.

“Tahun ini FMIPA memecahkan rekor jumlah mahasiswa terbanyak dari tahun – tahun sebelumnya”, ujar Serafinah.

Dalam sambutannya, Ketua BEM FMIPA, Muhammad Iqna Supriatna menyampaikan selamat pada mahasiswa baru yang telah bergabung dan diterima di FMIPA UB. Ia menambahkan bahwa mahasiswa adalah sebutan nama yang mempunyai tanggung jawab yang besar. Status mahasiswa yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang di Indonesia, seharusnya mahasiswa bisa memfaatkan statusnya itu. Mahasiswa sebagai penyambung lidah rakyat, mahasiswa sebagai pembela rakyat, mahasiswa sebagai penggerak bangsa ini seharusnya tahu apa tanggung jawabnya sebagai mahasiswa. Mahasiswa sebagai kumpulan manusia sudah hakekatnya peduli dengan kondisi sekitar, bahkan harus peduli dengan nasib bangsa ini, bukan hanya bidang akademis saja namun memiliki tanggung jawab sosial juga.

“Mulut lidah mahasiswa adalah amanat Bangsa Indonesia, sudah sepantasnya kalian bersyukur diterima menjadi mahasiswa FMIPA UB”, ujar Iqna.

Sesi berikutnya adalah pemaparan materi oleh para Ketua Jurusan masing – masing, antara lain Prof. Muhaimin Rifa`i, S.Si., Ph.D.Med.Sc (Jurusan Biologi), Prof.Dr. Muhammad Nurhuda, Rer.Nat (Jurusan Fisika), Masruri, S.Si.,M.Si.,Ph.D (Jurusan Kimia), Ratno Bagus Edy Wibowo, S.Si.,M.Si.,Ph.D (Jurusan Matematika), Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc., Ph.D (Jurusan Statistika).

 

 

 

 

 

 

Ketua TU, Jarot Sunarto, SE berharap seluruh pantia bekerja dengan baik dalam kegiatan PKKMB FMIPA 2020. Ia telah menyiapkan 6 ruang dengan 1 ruang siaran yang dilengkapi peralatan untuk siaran online / daring dan dibantu tim PSIK juga panitia lainnya untuk mensukseskan acara ini. sementara ini Jarot meyakinkan bahwa kendala sangat minim dan tidak ada masalah berarti. (yogie)