Pembukaan PKKMB, Dekan : “Belajar Ilmu Dasar di FMIPA, Berpotensi Mampu Kembangkan Teknologi”

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:6 mins read

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi maka dilakukan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Sabtu (21/8), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  secara daring melalui applikasi Zoom. Pada hari pertama, materi yang disampaikan adalah Pengenalan Kampus, Pimpinan Fakultas dan Jurusan,  Wawasan Ke-MIPA-an dan Peluang Kerja, Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Sistem Pendidikan Tinggi, Program Pembelajaran  dengan sistem Daring, serta Administrasi & Layanan Akademik. 

Acara kali ini dihadiri oleh segenap pimpinan Fakultas dan jajarannya, pimpinan Jurusan, panitia mahasiswa serta kepala bagian dan sub bagian FMIPA secara luring dan daring. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai aturan dari pemerintah. 

Ketua BEM, Naufal Muhammad Fakhrizky menyampaikan ucapan selamat datang dan bergabung pada mahasiswa baru. ia mengatakan bahwa gelar mahasiswa memiliki arti yang dalam bagi pembuka era reformasi tahun 1998. 

“Harapan kita adalah mahasiswa baru angkatan 2021 bisa berkontribusi dan memberikan kebermanfaatan untuk dirinya dan juga lingkungannya. Kami tunggu perubahan yang akan kalian bawa ke FMIPA UB”, ujar Nouval dalam sambutannya.

Sementara Dekan FMIPA dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di FMIPA UB. Ia juga mengatakan bahwa mahasiswa yang diterima adalah orang pilihan. 

“Jangan sia – siakan kesempatan, belajarlah dengan tekun di FMIPA karena tidak semua orang bisa memiliki kesempatan studi disini”, ujarnya.

Kemudian Dekan memperkenalkan pimpinan Fakultas dan Jurusan beserta jajarannya sekaligus memberikan prospektif tiap bidang yang ada di Fakultas MIPA. 

Dihari pertama perkenalan kehidupan kampus ini disampaikan materi tentang wawasan ke-mipa-an dan peluang kerja oleh Prof. Widodo, M.Si., Ph.D.Med.Sc. 

“Indonesia bisa bangkit kalau menguasai teknologi, dan jika ingin menguasai teknologi maka harus menguasai sains. Dengan belajar di FMIPA, kalian akan belajar ilmu – ilmu dasar sehingga mudah mengembangkan teknologi”, paparnya. Menurutnya, dengan belajar di FMIPA, banyak sekali teknologi yang bisa dikuasi baik disektor peneliti ataupun swasta. Seperti di bidang Biologi, mahasiswa dapat mempelajari pembuatan vaksin yang bermanfaat didunia kesehatan. Dibidang Fisika, mahasiswa dapat mempelajari tentang sensor yang banyak digunakan untuk menunjang industri 4.0. Beberapa prospek kerja yang dapat dieksplor lulusan FMIPA seperti menjadi peneliti yang dapat bekerja di luar negeri.  Widodo berpesan agar mahasiswa menguasai bahasa inggris karena banyak peluang kerja yang membutuhkan tenaga sains diluar negeri. 

“Belajar sains perlu ketekunan, ketelitian, dan saya harapkan kalian aktif berorganisasi agar dapat belajar berkomunikasi, negosiasi dan presentasikan ide. Jika belajar jangan hanya harapkan nilai bagus, tapi carilah ilmu, karena Allah akan meninggikan orang berilmu, bukan yang nilainya bagus”, ujarnya.

Di sesi selanjutnya disampaikan materi tentang Sistem Pendidikan Tinggi oleh Nurjannah, S.Si., M.Si., Ph.D. Dalam paparannya, ia menjelaskan beberapa aplikasi yang dapat diakses oleh seorang mahasiswa, antara lain SIAM, SIBEA, SIREGI, SIUDA,SIAS, E-Journal dan E-learning dan juga fasilitas E-Mail, Web, E-Book, Repository,Internet, E-Complaint, Blog dan DIGILIB. Dalam presentasinya, Nurjannah menjelaskan aturan perkuliahan dan sanksi akademis, konsep merdeka belajar dan pembelajaran daring. 

“ Mahasiswa bisa merdeka belajar mulai Semester 5, bisa pertukaran pelajar, mengajar, studi proyek indipenden, kuliah kerja nyata tematik, proyek kemanusiaan, juga penelitian”, paparnya.

Disesi berikutnya disampaikan materi tentang administrasi dan layanan akademik oleh Dwi Hermanto, SE. Dalam paparannya, ia menjelaskan alur registrasi akademik, kartu rencana studi dan kartu hasil studi, teknis perkuliahan daring, ujian akhir dan cuti akademik, juga evalusi studi dan pengunduran diri serta sanksi akademik.

Acara berlanjut ke sesi materi Jurusan yang disampaikan oleh masing – masing presenter. Hadir sebagai pemateri sesi 1 tentang Visi, Misi, Prospek, Struktur Organisasi & Fasilitas / SDM Jurusan / Program Studi antara lain Prof. Muhaimin Rifai, S.Si., PhD, Med.Sc,  Dr.Yuniar Ponco Prananto, S.Si., M.Sc, Prof. Dr. Muhammad Nurhuda, Ret

Syaiful Anam, S.Si, M.T, Ph.D, dan Rahma Fitriani, S.Si., MSc., Ph.D 

Sedangkan di sesi 2 berjudul Strategi dan cara belajar efektif di Perguruan Tinggi serta Etika Mahasiswa/Ilmuan Profesi Mahasiswa / Ilmuwan Profesi hadir sebagai pemateri antara lain Prof. Amin Setyo Leksono, S.Si., M.Si., PhD., Dr. Diah Mardiana, MS., Dr.Eng Masruroh, S.Si.,M.Si., Dr. Isnani Darti, S.Si., M.Si., dan Dr.Dra. Ani Budi Astuti, M.Si. 

Selanjutnya di sesi 3 berjudul Kegiatan Belajar Mengajar ( Kuliah, Praktikum )  di era Pandemi Covid 19, hadir sebagai pemateri antara lain Yoga Dwi Jatmiko, S.Si., M.App.Sc., Ph.D., Dr.rer.nat Rachmat Triandi Tjahjanto, S.Si.,M.Si., Dr.Eng. Agus Naba, S.Si.,MT., Dr. Sa`adatul Fitri, S.Si., M.Sc,  Achmad Efendi, S.Si.,M.Sc.,Ph.D.,  Dian Siswanto, S.Si., M.Sc., M.Si., PhD.

Di sesi akhir presentasi Jurusan dengan judul Strategi Perancangan Rencana Studi, Laboratorium dan Fungsinya, PKL, Skripsi/TA, serta Peran Pembimbing Akademik, hadir sebagai pemateri antara lain Dian Siswanto, S.Si., M.Sc., M.Si., PhD., Dr.rer.nat Rachmat Triandi Tjahjanto, S.Si.,M.Si., Dr. Sunaryo, S.Si.,M.Si.,  Dr. Dra. Wuryansari Muharini K., M.Si., Syaiful Anam, S.Si, M.T, Ph.D. dan Dr. Eni Sumarminingsih, S.Si., M.M.

Meskipun acara pengenalan kampus masih belum dapat terlaksana secara langsung, namun tak mengurangi antusiasme mahasiswa baru yang tertib mengikuti serangkaian acara dari awal sampai akhir dalam virtual meeting yang telah disediakan. (yogie)