Pengabdian Masyarakat, FMIPA Gelar Pelatihan Kimia “KER” untuk Guru Kimia Se-Indonesia

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:5 mins read

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (UB) menggelar Pelatihan Kimia Kontekstual Entrepreneurship dan Research Sederhana (KER) sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama Perkumpulan Pendidik Sains Kimia Indonesia (PPSKI) dengan Universitas Brawijaya. Pelaksanan pelatihan dilakukan secara daring pada 3,10,17,24 Juli 2021, Pukul 13:00-15:30 WIB

Dalam sambutannya, ketua PPSKI Pusat, Drs. Jaenudin, M.Si, mengucap syukur atas terselenggaranya kolaborasi dengan UB dalam melaksanakan kegiatan Pelatihan Kimia Kontekstual Entrepreneurship dan Research Sederhana bagi guru – guru kimia yang tergabung dalam PPSKI. 

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan andil yang lebih besar terutama dalam ilmu kimia, sehingga tidak hanya mengajar tapi juga belajar”, terangnya.

 Jaenudin juga menyampaikan ucapan terima kasih pada pihak UB karena telah memberi kesempatan pada PPSKI menggelar pelatihan ini.

Dekan Fakultas MIPA, Prof. Widodo, Ph.D.Med.Sc dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih pada pihak PPSKI Pusat dan Daerah juga pada Ketua Jurusan Kimia, serta staf dosen, peserta dan panitia.  Walaupun dalam masa peningkatan status COVID19, masih semangat mencari ilmu. Kemudian Widodo juga menjelaskan bahwa peminat pada program S1 Jurusan Kimia FMIPA UB semakin meningkat bahkan peminatnya hampir di seluruh Indonesia. Bahkan para alumni Jurusan Kimia pun telah mendapat peluang / karir yang baik di dunia kerja. 

“Di bursa kerja bidang Industri, saat ini Jurusan Kimia ada branding ke arah Kimia Informasi atau Digital”, ujarnya.

Ia berpesan pada semua peserta agar dapat menyampaikan pada anak didiknya bahwa di Jurusan Kimia terdapat program Pascasarja. Widodo juga menjelaskan bahwa di  FMIPA UB terdapat skema beasiswa yang tediri dari skema LPDP dan DIKTI. Disamping itu juga terdapat beasiswa pemotongan seratus persen UKT (Uang Kuliah Tunggal) dari UB. Dengan adanya berbagai kemudahan ini, harapannya proses pendidikan di Indonesia semakin baik.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 117 peserta dari 137 pendaftar yang terdiri dari guru SMA, SMK, dan MAN diseluruh tanah air. 

Di pertemuan pertama, presentasi disampaikan oleh Siti Mariyah Ulfa, Dr.Sc. dan anggota tim (M. Farid Rahman,S.Si, M.Si., Dr. Elvina Dhiaul Iftitah,S.Si., M.Si., Drs. Suratmo,M.Sc., Prof. Dr. Warsito,MS., Dr. Rurini Retnowati, MS., Masruri, SSi., MSi., Ph.D) dengan tema Isolasi Dan Deteksi Fitokimia Senyawa Metabolit Sekunder Dari Tanaman Lokal. Kemudian dilanjutkan paparan oleh Anna Safitri, Ph.D., Dr. Arie Srihardyastutie dan anggota tim (Prof.Dr.Aulanni’am,DES., Dra. Anna Roosdiana, M.App.Sc., Prof.Dr. Chanif Mahdi, M.Si., Dr.Sasangka Prasetyawan, MS., Drs. Sutrisno,M.Si) dengan tema Aplikasi teknologi fermentasi sederhana untuk entrepreneurship kimia. Dan terakhir presentasi disampaikan oleh Ellya Indahyanti, M.Eng. dan anggota tim tentang Pembuatan Arang Aktif Untuk Pemurnian Biogas. 

Di minggu kedua, presentasi disampaikan oleh Dra. Sri Wardhani, M.Si. dan anggota tim (Drs. Danar Purwonugroho, M.Si., Darjito, S.Si, M.Si., Siti Mutrofin, S.Si, M.Sc., Meutia Tajmashifa, Aminatuz Zakiyah, Niken Pradana Arraiha, Sharfina, Rafinka Kusasi) dengan tema Eksplorasi Sumber Daya Alam Dalam Pembelajaran Kimia, lalu dilanjutkan presentasi oleh Hermin Sulistyarti, Ph.D. dan anggota tim ( Ahmad Sabaruddin,M.Sc.,Dr.Sc) tentang Pengenalan Reagen Alami Untuk Identifikasi Asam Basa, Ion Logam Dan Biosintesis Nanopartikel. Dan sesi terakhir disampaikan oleh Yuniar Ponco Prananto,Ph.D. dan anggota tim (Drs. Mohammad Misbah Khunur, MSi., Dr. Tutik Setianingsih, MSi., Dr.rer.nat. Rachmat Triandi Tjahjanto,M.Si) dengan tema Pengenalan Teknik – Teknik Kristalisasi Sederhana Senyawa Anorganik. 

Kemudian di minggu ketiga, kegiatan pelatihan berupa tanya jawab, diskusi dan penugasan. Peserta terbagi menjadi 6 kelompok sesuai tema yang telah disampaikan minggu sebelumnya. 

Di minggu terakhir, kegiatan berupa pameran produk/tugas dan evaluasi lalu acara ditutup oleh ketua PPSKI Pusat pada pukul 15:05 WIB. (yogie)