Rapat Persiapan DIES FMIPA ke-34, Panitia Agendakan Acara Kejutan Untuk Fresh Graduate

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read

Senin (9/8), Waki Dekan II Bidang Umum dan Keuangan Masruri, Ph.D menggelar rapat persiapan perayaan DIES Fakultas MIPA Universitas Brawijaya ke – 34 secara daring pada pukul 09:00 WIB. Dalam rapat yang dihadiri pejabat dan segenap panitia rapat tersebut, Masruri memaparkan beberapa even yang akan digelar pada acara perayaan DIES yang rencananya dilaksanakan pada Jum’at (13/8) mendatang. Rencananya, perayaan tersebut akan berbeda dari  tahun – tahun sebelumnya karena akan dilaksanakan secara daring. Walaupun demikian, acara akan tetap dilaksanakan semeriah mungkin. 

DIES FMIPA tahun ini akan diperingati dengan kegiatan yang berkolaborasi dengan tiap – tiap Jurusan. Beberapa agenda yang akan digelar antara lain seperti acara doa dan istigosah bersama, penghargaan dosen dan tenaga berprestasi, webinar Propektif Permodelan Matematika dan Sains, Open Talk, Kuliah Tamu Alumni untuk fresh graduate, Sarasehan Alumni, Webinar “Sukses Studi Tembus Luar Negeri”, dan International Resource on Global Conservation (ICGRC) 2021 pada 9 Oktober mendatang. 

Sementara itu, acara temu alumni yang biasanya diikut sertakan dalam acara perayaan DIES FMIPA kabarnya tidak dimasukkan agenda. 

“Kami sudah melakukan obrolan santai, temu alumni tidak akan dilibatkan dalam acara DIES nanti. Temu alumni akan diagendakan secara periodik dan akan melibatkan seluruh Jurusan karena ini adalah agenda Ikatan Alumni”, kata Darmanto,S.Si., M.Si.

Darmanto selaku Ketua Ikatan Alumni FMIPA mengatakan  bahwa ia sedang mempersiapkan acara kuliah tamu dan mengundang pembicara sekaligus motivator dari alumni dengan tema “Persiapan Mendapatkan Pekerjaan di Era Pandemi”. Target peserta dari acara ini adalah mahasiswa  fresh gradute angkatan 2016 dan 2017 juga calon gradute angkatan 2018. Kemudian ia juga mengatakan bahwa target kegiatan webinar “Sukses Tembus Studi Luar Negeri adalah mahasiswa yang ingin melanjutan studi sampai ke luar negeri.

“Rangkaian acara perayaan DIES tidak harus dilaksanakan di bulan Agustus, bisa September atau Oktober”, tegas Masruri.

Ia menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan DIES FMIPA ke – 34 ini dapat dilaksanakan diluar bulan Agustus jika memang berbenturan dengan agenda Jurusan. 

Sementara Ketua Jurusan Statistika, Rahma Fitriani, Ph.D mengusulkan tentang diadakannya kuliah tamu dengan tema “Aplikasi Big Data di Fakultas MIPA UB”. 

Menanggapi hal tersebut, Yoga Dwi Jatmiko,Ph.D Sekjur Biologi juga mengusulkan agar acara tersebut dapat diproyeksikan untuk pembukaan Program Studi Komputasi jika nantinya menjadi Program Baru. 

Wakil Dekan II menutup acara dan berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan agar tetap sehat dan dapat mensukseskan perayaan DIES FMIPA dengan lancar. (yogie)