Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran Staf Tendik Jurusan Kimia

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read

Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (FMIPA UB) menggelar sosialisasi pemadam kebakaran dihalaman Jurusan Kimia dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan Kimia, Yuniar Ponco Prananto, S.Si., M.Sc., Ph.D bekerjasama dengan PT. Rhuekamp Indonesia.

Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakannt Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran pada Jurusan Kimia FMIPA UB.

Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya masih dirasakan sangat kurang, khususnya untuk rakyat Indonesia. Sehingga masih seringkali terjadi kejadian kebakaran yang selalu mengakibatkan banyak kerugian.  Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai.

Disamping memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya, sosialisasi dan simulasi ini bertujuan untuk mengenal beberapa sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Selain itu juga pelatihan ini bermanfaat untuk menambah pemahaman bagaimana kebakaran terjadi, penjalarannya, dan bagaimana cara pencegahan dan penanggulangannya

Yuniar Ponco mengatakan, simulasi ini diadakan karena materi yang telah diberikan tidak pernah disertai dengan praktek dalam menghadapi kebakaran. Apalagi laboratorium Kimia banyak terdapat zat – zat yang mudah terbakar.

Pelatihan ini dihadiri sekitar 25 peserta yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan staf cleaning service. Kegiatan berlangsung lancar dan peserta sangat antusias mencoba beberapa peralatan pemadam kebakaran. (yogie).