FMIPA Siap Melangkah Meraih Akreditasi Internasional ASIIN

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (FMIPA UB)  terus berupaya untuk mengembangkan bidang penelitian dan pemberdayaan masyarakat dan berencana untuk meningkatkan kualitasnya dengan mengikuti proses akreditasi bagi institusi Pendidikan Tinggi berstandar Internasional. Untuk itu  FMIPA UB mendorong seluruh Prodi yang ada di FMIPA UB untuk bisa melangkah jauh lagi dalam memperoleh Akreditasi Internasional. ASIIN (Accreditation Agency For Degree Programs In Engineering, Informatics/Computer Science, The Natural Sciences And Mathematics) adalah salah satu asosiasi yang fokus dalam kualitas pendidikan Universitas yang berstandar Internasional. Mengapa Fakultas MIPA UB ingin terakreditasi ASIIN? Karena asosiasi ini telah diakui masyarakat pendidikan Internasional dan memberikan sertifikat Akreditasi Internasional dalam bidang Ilmu Alam (natural science) dan Matematika.

Sementara itu, Ketua Tim Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN, Drs. Mohamad Muslikh, M.Si., Ph.D menjelaskan bahwa saat ini ia sedang mengkoordinasikan seluruh sumber daya manusia di FMIPA UB yang meliputi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan mitra.  Untuk mempersiapkan Visitasi Akreditasi yang akan berlangsung pada akhir Oktober mendatang, M. Muslikh berencana menggelar rapat perdana untuk sosialisasi agenda persiapan dan job description masing – masing anggota tim pada Jum’at (8/10) besok.

Untuk menyukseskan Akreditasi ini, M. Muslikh telah menyusun tim teknis di tingkat Fakultas yang terdiri dari pimpinan Fakultas, pimpinan Jurusan, staf ahli wakil dekan dan PSIK. Tim teknis tiap Jurusan antara lain dari Jurusan Biologi (1. Dr. Dra. Sri Widyarti, M.Si., 2. Mufidah Afiyanti, S.P., Ph.D.), Jurusan Fisika (1. Dr. Eng. Agus Naba, MT., 2. Gancang Saroja, M.Si.), Jurusan Kimia (1. Drs. Danar Purwonugroho, M.Si, 2. Dr. Elvina Dhiaul Iftitah, S.Si., M.Si.), Jurusan Matematika (1. Prof. Dr. Agus Suryanto, M.Sc., 2. Corina Karim, S.Si., M.Si., Ph.D.), Jurusan Statistika (1. Luthfatul Amaliana, SSi, MSi., 2. Dr. Dra. Ani Budi Astuti, MSi.).

Ia juga telah menyusun agenda pendampingan pada peserta visitasi nantinya dan mempersiapkan pembekalan dalam bentuk simulasi ASIIN. Menurutnya, hal ini akan sangat membantu dalam menjawab pertanyaan dalam visitasi mendatang. Agenda yang akan berlangsung secara virtual selama tiga hari tersebut (25-27 Oktober 2021) pada dasarnya adalah pemeriksaan kesesuaian dokumen pengajuan dengan fakta di lapangan. Salah satu kegiatannya adalah wawancara dengan berbagai pihak mulai dari perwakilan mahasiswa, alumni, dosen tiap departemen, hingga jajaran stakeholder. Wawancara alumni dan mahasiswa itu terkait apakah kemampuan yang mereka dapatkan di FMIPA UB sudah sesuai dengan profil lulusan yang ditargetkan.

“Harapan saya adalah FMIPA UB dapat meraih akreditasi internasional ASIIN ini sehingga mutu pendidikannya dapat disetarakan dengan Universitas lain, terutama yang ada di Eropa”, Ujar Muslikh.