Lima Program Studi S1 FMIPA UB Selesai Audit Daring Akreditasi ASIIN

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read

Hari terakhir Audit Daring Akreditasi Internasional ASIIN lima Program Studi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (UB) diikuti oleh Rektor, Dekan, Wakil Dekan, dan Ketua Program Studi  (Kaprodi) antara lain Kaprodi S1 Jurusan Fisika,  Kaprodi S1 Jurusan Biologi, Kaprodi S1 Jurusan Kimia,  Kaprodi S1 Jurusan Matematika, dan Kaprodi Jurusan Statistika. 

Usai kegiatan tersebut, Dekan FMIPA, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc menjelaskan bahwa berdasarkan hasil audit daring yang dilaksanakan selama tiga hari sejak 25 Oktober 2021  tersebut secara umum auditor ASIIN memberikan respon sangat baik. Walaupun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, itu merupakan bagian dari usaha FMIPA untuk terus memperbaiki diri. 

“Kami berencana akan meningkatkan jumlah Prodi yang terakreditasi unggul untuk meningkatkan International Recognition, sehingga Prodi yang ada di FMIPA dapat diterima secara global, baik kurikulum, dan sistem pendidikannya. Dengan pengakuan International, maka mahasiswa asing dapat mengambil kuliah di Prodi kita yang dapat pengakuan setara dengan kuliah di negara Eropa. Pada intinya, target minimal yang diinginkan oleh auditor ASIIN tersebut, saya kira sudah tercapai. Harapan kita tentu kelima Program Studi tersebut terakreditasi secara Internasional,” jelas Widodo. 

Disamping itu, dalam rangka upaya mewujudkan suasana Internasional, Widodo memberikan wacana untuk meningkatkan skill berbahasa inggris bagi sdm di FMIPA terutama mahasiswa dalam kegiatan PBM.

Sementara Wakil Dekan bidang Umum dan Keuangan, Masruri, S.Si., M.Si., Ph.D menegaskan bahwa FMIPA mendapat positive impression dari para auditor ASIIN untuk lima Program Studi tersebut. 

“Semoga ini merupakan sinyal baik untuk terakreditasinya lima Program Studi oleh ASIIN”, harap Masruri. 

Dekan dan juga jajarannya menyampaikan apresiasi atas perjuangan tim akreditasi ASIIN FMIPA dan juga seluruh elemen yang telah mendukung dengan tenaga dan doa untuk kelancaran pelaksanaan akreditasi ASIIN kelima Prodi tersebut. 

Lebih lanjut, ketua pelaksana akreditasi ASIIN FMIPA, Dr. M.Muslikh, S.Si., M.Si  mengatakan bahwa hasil akreditasi ASIIN akan diumumkan sekitar 2 bulan mendatang. (yogie).