Penandatanganan MoU dan Kerjasama FMIPA UB dengan ULM, Wakil Dekan II, Dr. Totok : “FMIPA UB Akan Jadi Prioritas Studi Lanjut S3”

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:4 mins read

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  (FMIPA)  Universitas Brawijaya  menyelenggarakan Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama dengan FMIPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM)  pada Kamis (14/10).   Kegiatan ini sebagai wujud penguatan kerjasama yang akan dilakukan dan mempunyai manfaat menjalin kolaborasi bersama FMIPA ULM.

Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama diawali dengan sambutan oleh Dekan FMIPA, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. Ia menyampaikan rasa syukur atas kerjasama yang terjalin dengan pihak ULM. 

“Kami hanya memenuhi harapan mahasiswa dan membuat terobosan dalam mewujudkannya. Semoga dengan kunjungan ini dan kerjasama yang terjalin dapat memberikan percepatan pemenuhan kebutuhan tersebut”, sambutnya. 

Widodo memberikan paparan mengenai rencana pembukaan Program Studi by Research yang sedang dipersiapkan. Kemudian ia juga menyampaikan keuntungan mahasiswa pascasarjana yang studi di FMIPA UB akan diajukan beasiswa ke LPDP. 

“Fakultas dapat memberikan beasiswa bebas SPP untuk mahasiswa pascasarjana yang studi di FMIPA UB”, Ujar Widodo. 

Dalam kunjungan tersebut disambut oleh Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahaswaan, Nurjannah., S.Si., M.Phil., Ph.D Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan, Masruri, M.Si., Ph.D, lalu staf ahli WD I, Rodiyati A., S.Si., M.Si., Ph.D, juga staf ahli Wakil Dekan III, Nia Kurniawan, S.Si., MP., D.Sc., dan Sekretaris International Office FMIPA UB, Dra. Sri Wardhani, M.Sc.

Sementara para mitra yang menjalin kerjasama antara lain Dekan FMIPA ULM, Drs Abdul Gafur, M.Si, M.Sc, Ph.D., Wakil Dekan I, Dr. Uripto Trisno Santoso, S.Si, M.Si, Wakil Dekan II, Dr. Totok Wianto, S.Si, M.Si, Wakil Dekan III, Dr. Totok Wianto, S.Si, M.Si., Ketua Prodi Jurusan Kimia, Ketua Prodi Jurusan Fisika, Unit Kerjasama dan Humas, serta Kasubbag Akademik. 

Penandatanganan MoU FMIPA UB dengan ULM

Penandatanganan MoU pertama oleh mitra kerjasama yakni Dekan FMIPA ULM. Dalam sambutannya Ghofur mengatakan bahwa ia sangat berharap kerjasama dapat terjalin dengan FMIPA UB walaupun nantinya  dalam bidang MBKM, namun tidak menutup kemungkinan dapat bekerjasama kearah yang lebih luas seperti kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. Trisno berharap dengan adanya kerjasama yang sifatnya dari Prodi ke Prodi akan dirasa jauh lebih baik seperti kurikulum, pertukaran mata kuliah Prodi juga tidak menutup kemungkinan peluang pengembangan sumber daya manusia. 

“Dosen Magister di FMIPA ULM masih banyak yang akan kami programkan untuk studi lanjut S3, dengan adanya kerjasama ini, maka ada peluang untuk studi lanjut di FMIPA UB. Mudah – mudahan dengan adanya kerjasama yang kita formalkan ini, dapat mempercepat pengembangan SDM di Kalimantan”, ujar Trisno. 

Sementara Totok mengatakan bahwa kekurangan dari FMIPA ULM adalah dalam kelengkapan peralatan laboratorium. Ia berharap ada mahasiswa tingkat akhir yang melakukan riset di FMIPA UB. 

“Beberapa mahasiswa kami yang berprestasi sebanyak 10% ingin melanjutkan studi, UB akan jadi prioritas kami seiring dengan kerjasama ini”, ujarnya.

Penandatangan Mou kedua oleh Dekan FMIPA UB dan usai acara ditutup dengan pemberian cinderamata oleh kedua belah pihak dan foto bersama (yogie).