FMIPA Gelar Kembali Sosialisasi dan Simulasi Pemadaman Kebakaran Untuk Staf Tendik

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read

Dalam rangka menerapkan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja & Lindungi Lingkungan(K3LL) maka pada selasa (2/11) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan Pelatihan K3LL secara luring untuk para tenaga kependidikan dan customer service di halaman gedung MIPA CENTER UB. 

Pelatihan yang digelar selama sehari tersebut melibatkan sekitar 50 orang peserta dari Jurusan Biologi, Fisika, Matematika dan Statistika. Sebelumnya FMIPA telah menggelar pelatihan K3LL untuk tenaga kependidikan Jurusan Kimia. 

Kegiatan tersebut berupa sosialisasi dan simulasi pemadaman kebakaran yang dipimpin oleh ketua K3LL FMIPA UB, Dr. Catur Retnaningdyah, MSi. Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya masih dirasakan sangat kurang, khususnya untuk rakyat Indonesia. Sehingga masih seringkali terjadi kejadian kebakaran yang selalu mengakibatkan banyak kerugian.  Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai.

Sosialisi dan simulasi pemadam kebakaran diberikan oleh Yong Ardinal (CEO PT Ruekamp) pada pukul 09.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut dibahas tentang teori pencegahan dan proteksi bahaya kebakaran sekaligus simulasi pemadaman kebakaran menggunakan fire blanket/ karung goni basah dan tabung pemadam kebakaran 3.5kg. 

Berbagi pengetahuan untuk bekerja dengan selamat dan sehat amat sangat penting di lakukan mengingat tingginya resiko cedera/kecelakaan di lingkungan tempat bekerja. Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya sistem manajemen K3LL dilingkungan FMIPA UB.   

Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lindungi Lingkungan  (K3LL) merupakan aspek yang sangat penting untuk menjamin terciptanya lingkungan kerja yang mendukung keselamatan dan kesehatan pekerja. Upaya – upaya mitigasi risiko seperti melalui kegiatan pelatihan K3LL dan penyediaan alat pelindung diri diperlukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau cedera saat bekerja. 

Disamping memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya, sosialisasi dan simulasi ini bertujuan untuk mengenal beberapa sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Selain itu juga pelatihan ini bermanfaat untuk menambah pemahaman bagaimana kebakaran terjadi, penjalarannya, dan bagaimana cara pencegahan dan penanggulangannya

Ketua Tata Usaha, Jarot Sunarto, S.Sos berharap  setelah diadakan pelatihan ini, seluruh tenaga kependidikan dapat mencegah terjadinya kebakaran dan dapat mengatasi permasalahan apabila terjadi kebakaran dgn menggunakan alat pemadam kebakaran. Ia juga menegaskan bahwa sarana dan prasarana di lingkungan FMIPA UB sudah memenuhi kriteria untuk penerapan sistem K3LL. Dengan dukungan kemampuan dan pengetahuan tendik tentang prinsip K3L tersebut, maka penerapan sistem K3LL dilingkungan FMIPA UB dapat maksimal.