Perkuat Implementasi MBKM, FMIPA Terima Kunjungan Dari Universitas Bangka Belitung dan Universitas Udayana

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:4 mins read

Malang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (FMIPA UB) menerima 2 kunjungan dari Universitas Bangka Belitung (FT UBB) dan Universitas Udayana, Rabu (24/11). Kunjungan dilangsungkan di Ruang Meeting lantai 7 Dekanat FMIPA UB mulai pukul 09:00 – 13:30.. Kegiatan yang dilangsungkan merupakan kegiatan dalam rangka inisiasi kerjasama antara FMIPA UB dengan Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung sekaligus FMIPA Universitas Udayana terkait program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Hadir dalam Rombongan Universitas Bangka Belitung (UBB), Dekan Fakultas Teknik yaitu Wahri Sunanda, S.T., M.Eng. dan Ketua Program Studi Matematika, Elyas Kustiawan, S.Si., M.Si. Sedangkan rombongan dari FMIPA Universitas Udayana antara lain, Dekan FMIPA, Ni Luh Watiniasih, M.Sc.,Ph.D., Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Drs. D.K. Ghandadi, M.T., Wakil Dekan bidang Umum dan Keuangan, Dr. Drs. I Made Sukadana., M.Si., Kepala Bagian Tata Usaha, Ir. Ni Made Arini, Ketua Prodi Jurusan Biologi, Kepala Unit Sumberdaya, dan Kepala Unit Pengelola Informasi dan Kerjasama. 

Kunjungan Kerja dari FT UBB berlangsung pada pukul 09.00 WIB dan FMIPA UNUD pada pukul 11.00 WIB di sambut langsung oleh Dekan FMIPA UB, Prof. Widodo, S.Si, M.Si., Ph.D.Med.Sc. dengan didampingi tiga wakil Dekan dan tim Kerjasama FMIPA.   

Widodo menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat datang di FMIPA UB. Dalam sambutannya, Widodo memaparkan peluang – peluang yang dapat menjadi topik bahasan kerjsama. Ia juga memperkenalkan program studi yang ada di FMIPA UB dan berbagai tawaran kemudahan untuk studi lanjut program pascasarjana. 

Foto Bersama Rombongan dari Universitas Bangka Belitung

Dalam sambutannya Dekan FT UBB manyampaikan tujuan kunjungan tersebut ke Fakultas MIPA UB merupakan agenda untuk memperkuat kerjasama antar kedua institusi, khususnya menyangkut kerjasama implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Mudah – mudahan dengan silaturahim ini dapat menjadi pintu kami untuk berkolaborasi dengan FMIPA UB dan mengembangkan kerjasama kedepan terutama MBKM. Sekaligus ini bisa menjadi peluang kami untuk studi lanjut disini karena kebanyakan di FT UBB banyak dosen muda yang terkendala dengan beasiswa untuk studi lanjut. Tawaran FMIPA UB tentang beasiswa mahasiswa baru program pascasarjana akan menjadi pertimbangan kami.” ujar Wahri. 

Tertarik dengan tawaran beasiswa tersebut, Wahri akan segera gelar komunikasi daring antara pihak FMIPA UB dengan mahasiswa dan dosen FT UBB. Menurutnya, peluang ini sangat baik dan ia mengaku sangat senang dengan kemudahan yang ditawarkan Dekan FMIPA UB. 

“Kami sangat senang jika nanti dibuka kemitraan, kami akan belajar banyak sehingga mahasiswa kami termotivasi untuk belajar di UB dan harapannya semoga peringkat akreditasi kami menjadi lebih baik”, Ujar Wahri. 

Foto bersama rombongan Universitas Udayana, Bali

Sementara itu dalam sambutannya, Ni Luh Watiniasih berharap dapat berdiskusi dan sharing tentang mekanisme kerja MBKM terutama konversi mata kuliah dan juga program kewirausahaan yang telah dilaksanakan oleh FMIPA UB. Disisi lain, ia juga membahas peluang kerjasama program mahasiswa asing antara kedua belah pihak.   

Menindaklanjuti diskusi tersebut, Widodo menyambut baik rencana kerjasama yang diinisiasi kedua kampus tersebut dan membuka tawaran studi lanjut bagi sumberdaya bagi kedua Universitas tersebut. Dengan adanya kunjungan ini ia berharap kerjasama dapat segera terealisasi sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas lulusan program MBKM di masing – masing pihak. . 

“Tahun depan Universitas Brawijaya menargetkan 100 Program Studi terakreditasi Internasional. Dalam mendukung hal itu, kami telah berikan support seperti kegiatan Dosen Berkarya (DOKAR), Program 3 in 1, Buku Ajar dan juga Kelas Kolaboratif. Dengan memberikan banyak insentif maka harapannya dosen banyak berkarya dan bersemangat. Kuncinya merubah mindset dosen dengan cara inovasi strategi pembelajaran merupakan challenge bagi kami. Harapan kami semoga kita bisa berlanjut ke arah kerjasama”, ujar Widodo. 

Widodo menjelaskan bahwa salah satu kendala dalam rangka Internasionalisasi FMIPA adalah mahasiswa asing. Ia menyampaikan apresiasi atas inisiasi kerjasama dengan Universitas Udayana karena Bali adalah pusatnya wisatawan asing. Oleh karena itu, dengan adanya rencana kerjasama tersebut, Widodo sangat  antusias dan bersemangat untuk segera menjalin kerjasama (yogie).