Perkuat Team Building, Dekan Gelar Outbound Pimpinan dan Staf Tendik

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:4 mins read

Sabtu (6/11), Dekan gelar acara outbound untuk pimpinan dan staf tenaga kependidikan Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Kegiatan yang awalnya diadakan di Coban Talun Kota Batu akhirnya harus pindah lokasi ke Puncak Bukit Brakseng Cangar karena beberapa hari lalu terjadi banjir dan longsor di sekitaran area tersebut. Para peserta berkumpul di start point yang berlokasi di area parkir Jatim Park 3 dan kemudian panitia memulai dengan acara Ice Breaking pada pukul 08.00 WIB. 

Dalam acara Ice Breaking tersebut, peserta diajak untuk melonggarkan ketegangan dengan permainan sederhana dalam bentuk berjoget dan membuat yel – yel. Dipandu panitia, peserta yang masih enggan menyapa kawan diajak untuk saling bercanda dan membuat kelompok – kelompok kecil sesuai intruksi. 

Setelah itu peserta dibagi dan diberangkatkan menggunakan puluhan kendaraan Jeep willy’s yang notabene sangat pas untuk medan offroad menuju lokasi. Dekan FMIPA, Prof. Widodo, M,Si., Ph.D.Med.Sc dalam sambutannya mengajak peserta untuk bersenang – senang sejenak dengan refresing untuk meningkatkan semangat dan kerjasama tim yang dikemas dalam permainan outbound. 

“Mari kita bersenang – senang dan gembira dihari ini sambil memupuk semangat dan kerjasama tim juga mempererat silaturahim, ” ujarnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 70 peserta yang terdiri dari pejabat Fakultas, staf dekanat dan staf Jurusan hingga satuan keamanan. 

Perjalanan sekitar 1-2 jam mengendarai Jeep Willy’s cukup asyik dengan melewati pedesaan dan perkebunan apel menuju lokasi outbound. Menurut pengakuan salah satu peserta, kegiatan outbound ini adalah pertama kalinya  sejak 30 tahun bekerja. Dengan cukup antusias, peserta dibawa ke suasana alam melupakan sejenak pekerjaan dan rutinitas kantor yang acapkali membuat penat. 

Setelah berkonvoi rame – rame, akhirnya peserta sampai dilokasi yakni lapangan diatas gunung arah menuju Wisata Coban Talun. Dengan disambut para instruktur, peserta mendapat briefing untuk melaksanakan beberapa permainan / games. Permainannya  terdiri dari Bola estafet, Mengangkat pipa bersama, dan Lempar Sepatu. Permainan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjsama, kepercayaan dan membangun komunikasi tim. Disamping itu, peserta juga diharapkan dapat mengenali masalah dan mencari penyelesainnya bersama – sama serta dapat mengatur strategi efektif dalam memecahkan masalah. 

“Saya sangat bersyukur dengan adanya outbound ini, sehingga dapat meningkatkan silaturahim antara pimpinan, staf PNS, honorer dan  juga petugas keamanan. Semoga acara outbound ini dapat di agendakan tiap tahun dan semoga FMIPA UB semakin jaya”, Ujar Hendrik salah satu peserta dari satuan keamanan. 

Walaupun terdapat beberapa staf yang tidak hadir tanpa konfirmasi, namun Dekan menjelaskan bahwa hal ini akan menjadi evaluasi bersama kedepannya. Kegiatan diakhiri dengan gathering makan siang dan berfoto bersama. Akhirnya puluhan Jeep Willy’s itupun menghantarkan peserta menuju ke finish point di Jatim Park 3 dengan rasa puas dan kembali kerumah untuk week end dengan keluarga. (yogie)