Diseminasi Hasil AIM Siklus 20 Tahun 2021 dan Sosialisasi Rencana Audit Internal ISO 21001 oleh Gugus Jaminan Mutu (GJM)

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read

 

Oleh: Tim GJM UB

A group of people in a room Description automatically generated with medium confidence

Gugus Jaminan Mutu (GJM) FMIPA UB menyelenggarakan diseminasi hasil AIM Siklus 20 Tahun 2021 dan sosialisasi rencana audit internal ISO 21001 pada hari Kamis, 27 Januari 2022. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 – 11.00 WIB bertempat di ruang MC 1.1 gedung MIPA Center. Peserta sebanyak 21 orang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan I, Sekretaris Departemen, Tim GJM, Ketua UJM, dan Ketua Program Studi.

Dekan Fakultas MIPA UB Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., membuka acara ini dan memberikan pengarahan tentang pentingnya basis data untuk penyimpanan dokumen mutu. Selain itu, diharapkan basis data dapat saling terkoneksi sehingga data-data yang dibutuhkan untuk akreditasi seperti dokumen mutu dapat ditemukan dengan mudah. Setiap dosen diharapkan dapat mengunggah data secara periodik di SISTER sebagai contoh basis data yang sudah terkoneksi dengan PD-DIKTI.

Acara dilanjutkan dengan paparan laporan pelaksanaan Audit Internal Mutu (AIM) Siklus 20 Tahun 2021 oleh Ibu Ir. Retno Mastuti, M.Agr.Sc., D.Agr.Sc. Ibu Retno Mastuti menyampaikan hasil penilaian AIM Siklus 20 Tahun 2021 oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) sudah keluar tanggal 10 Januari 2022. Laporan Tinjauan Manajemen (TM) Auditi yang sudah memenuhi adalah Program Magister Biologi, Magister Statistika, dan Sarjana Statistika. Ketidaksesuaian Tinjauan Manajemen paling banyak berada pada poin Kinerja dan Efektivitas Sistem Manajemen tentang Evaluasi Capaian Indikator Kinerja Tambahan (IKT), Indikator Kinerja Utama (IKU) Kemdikbudristek, dan IKU Akreditasi.

Pemaparan materi selanjutnya yaitu sosialisasi rencana audit internal ISO 21001 di FMIPA UB dilanjutkan oleh Ibu Zuraidah Fitriah, S.Si., M.Si. Sesuai permintaan auditor ISO 21001, audit internal ISO akan difokuskan pada klausul 8.3.4.4, yaitu pengendalian desain dan pengembangan penilaian menyeluruh. Obyek yang akan diaudit adalah RPS setiap mata kuliah, validasi soal ujian, dan rubrik penilaian. Audit internal akan dilaksanakan dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan Januari – Februari untuk audit semester gasal dan bulan Juli – Agustus untuk audit semester genap.

Ada beberapa pertanyaan dan masukan yang diberikan oleh peserta terkait materi yang diberikan. Pertanyaan terkait person in charge yang diberikan kewenangan validasi soal dijawab oleh ketua GJM, Ibu Dra. Sri Wardhani, M.Si.,”Pada dasarnya ISO tidak memberikan panduan pasti siapa yang harus mengesahkan, namun harus ada bagian pengesahan pada soal”. Saran-saran yang diberikan peserta seperti validasi soal tidak hanya pengecekan kesesuaian soal dengan CPMK tetapi juga kesalahan pengetikan dan perlu diberikan contoh Tinjauan Manajemen yang baik. Berdasarkan saran peserta, GJM FMIPA UB berencana mendatangkan asesor dari PJM untuk dapat memberikan penjelasan lebih detail mengenai temuan ketidaksesuaian pada Tinjauan Manajemen Auditi AIM FMIPA UB dan pengisian Tinjauan Manajemen yang benar serta sesuai dengan template dari PJM sehingga temuan ketidaksesuaian dapat dikurangi.