Dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, FMIPA UB Gelar Audensi Inisiasi Kerjasama Dengan Puluhan Mitra

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:4 mins read

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya menggelar audensi calon mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Jum’at (25/03) di gedung MIPA CENTER UB secara luring dan daring. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas tentang rencana pelaksanaan  proyek kemanusiaan (humanitarian project) sebagai dukungan atas program Kampus Merdeka yang mendorong pembelajaran mahasiswa di luar kelas melalui Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM ) dan partisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan yang mampu mengasah skill mahasiswa. Kegiatan ini dihadiri 40 calon mitra yang berasal dari berbagai instansi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA, Prof. Widodo, M.Si.Phd.Med.Sc menerangkan bahwa pihak Perguruan Tinggi menginginkan mahasiswa mendapat input tidak hanya teoritical di dalam kampus namun juga dapat input dengan terlibat langsung terhadap praktek di masyarakat sehingga dapat meningkatkan kompetensinya. Widodo berharap pada calon mitra MBKM untuk dapat memberikan kompetensi pada mahasiswa FMIPA.sekaligus memberikan dukungan secara aktif dalam pelaksanaan dilapangan. Disamping itu ia juga membuka peluang kerjasama dengan para mitra dalam menyelesaikan persoalan internal dan masalah di masyarakat. 

“Kami betul – betul ingin mendapat mitra karena kami ingin memahami dan terlibat aktif dalam mengatasi masalah di masyarakat”, papar Widodo. 

Sementara itu, Wakil Dekan bidang akademik, Nurjannah, M.Phil., Ph.D menerangkan bahwa proyek kemanusiaan ini telah sesuai dengan bentuk pembelajaran yang dicanangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan,  Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, BA., M.B.A. Proyek kemanusiaan ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa unggul yang menjunjung tinggi kemanusiaan melalui pelaksanaan tugas untuk  melatih kepekaan sosial mahasiswa dalam memahami berbagai masalah yang sedang dihadapi sekaligus memberikan solusi atas masalah tersebut sesuai dengan minat dan bidang keahliannya. Dalam paparannya, Nurjannah menjelaskan teknis perencanaan dan gambaran pelaksanaan kegiatan MBKM sekaligus teknis penilaian mahasiswa yang nantinya akan diakui dan di konversi ke dalam nilai mata kuliah sebanyak 20 satuan kredit semester (sks). Para mitra kerja sama bertanggung jawab memastikan aktivitas kemanusiaan berjalan sesuai dengan kesepakatan; menyediakan supervisor, mentor, atau pelatih untuk mahasiswa yang berpartisipasi; memberikan hak-hak kepada mahasiswa sebagaimana ditetapkan dalam perjanjian; serta melaksanakan monitoring, evaluasi, dan grading terhadap aktivitas yang diikuti mahasiswa. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Dekan bidang kemahasiswaan, Ratno Bagus E.W, Ph.d berharap akan adanya benefesial untuk para mitra selama bekerjasama dengan FMIPA UB. Ia menjelaskan bahwa kerjasama ini dapat berpotensi mendapatkan bantuan dari pemerintah dan meningkatkan mutu dari instansi para mitra. 

Kendati menyambut baik partisipasi mahasiswa dalam kerjasama ini, Amor Kodrat (KSU Jaya Abadi) berharap kemitraan ini memberikan sumbangsih pemikiran untuk terciptanya pergerakan perekonomian khususnya di level bawah dan menengah.

Di akhir sesi, dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman  Bersama antara Fakultas MIPA UB dengan PT. Malang Jejeg Inc. yang ditandatangani oleh Dekan, Prof. Widodo, M.Si., Ph.D.Med.Sc dengan Hery Cahyono sekaligus FMIPA UB dengan PT. Digitive Global Media oleh Ayu Fahrunnisa, S.Kom. (yogie).