Persiapan Kuliah Hybrid, FMIPA Upgrade Smart Class Dengan Fitur Lebih Canggih

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read

Persiapkan kuliah Hybrid, FMIPA Universitas Brawijaya melakukan upgrade perangkat kelas Smart Class Hybrid. Sebanyak 10 kelas Smart class tipe B telah diupgrade ke tipe A dengan penambahan LED Monitor dan OBSBOT Tiny  Webcam canggih dan cerdas yang cocok untuk lingkungan remote, atau ruang konferensi yang dapat mengikuti pengajar berkeliling ruangan. Webcam ini memiliki fitur kontrol perangkat lunak jarak jauh dari fungsi pan, tilt, dan zoom serta memungkinkan gerakan tangan untuk kontrol dan pelacakan otomatis menggunakan pengenalan subjek bawaan. 

Ruang Kelas Hybrid Tipe C

Selain itu tim PSIK juga melakukan upgrade salah satu ruang kuliah yakni MC. 2.3 yang awalnya kelas Hybrid tipe B menjadi kelas Hybrid tipe C dimana dilengkapi peralatan Interactive Projector dengan fitur yang dapat menjadikan dinding seolah sebuah elektronik “white board” di mana kita bisa menulis, menggambar, menghapus, selayaknya kita menggunakan sebuah white board. 

Ruang kuliah dipersiapkan untuk mengakomodasi staf pengajar dan mahasiswa yang hadir secara luring di kampus dan sekaligus mengakomodasi mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan secara daring. Kelas perkuliahan secara hibrid dilaksanakan mengingat masih sangat diperlukan penegakan protokol kesehatan ketat pada situasi pandemi yang belum sepenuhnya tertanggulagi dan juga mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 varian omicron. 

Ruang Kelas Hybrid Tipe A

Lukman Hakim, Dr.Sc selaku ketua PSIK FMIPA UB mengklarifikasi pada tim Humas FMIPA bahwa total kelas yang akan digunakan perkuliahan Hybrid adalah sebanyak 20 ruang kelas Hybrid tipe A, 10 ruang kelas Hybrid tipe B dan 1 ruang kelas Hybrid tipe C.

Dalam rangka persiapkan perkuliahan yang direncanakan secara Hybrid mendatang, tim PSIK sejumlah 9 orang diterjunkan mendampingi uji coba kelas Hybrid pada Rabu (30/3) dan Kamis (31/3) yang dihadiri dosen FMIPA. Sebanyak 21 dosen pengajar dijadwalkan akan hadir dan mencoba kelas Hybrid tersebut.  

Ruang Kelas Hybrid Tipe B

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah dosen hadir dan mencoba perangkat kelas Hybrid yang telah disiapkan tim PSIK. Mereka mencoba beberapa tipe kelas yang ada dan tampak lancar mengoperasikan peralatan Hybrid. Demikian juga dengan Dr. Rurini Retnowati, M.Si yang tak sabar ingin mencoba kelas Hybrid tipe C yang dilengkapi interactive Projector. Secara umum para pengajar tidak mendapat kesulitan berarti dalam uji coba kelas Hybrid tersebut. Namun tim PSIK menjelaskan bahwa kemungkinan dilapangan nanti dapat terjadi masalah di setting laptop para pengajar. Disamping itu juga kemungkinan terdapat masalah penggunaan wireless mic yang dapat mempengaruhi kualitas suara dalam aplikasi zoom. (yogie)