FMIPA UB Terjunkan 802 Peserta PKM Tematik Desa Stunting dan Desa Cantik Bantu Masyarakat Selesaikan Permasalahan Dengan Inovasi Sains dan IT Terkini

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read

Kegiatan Pemberangkatan peserta Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik (PKMT) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Dekan FMIPA UB, Prof. Widodo, M.Si, Ph.D.Med.Sc., Ketua, dan Seluruh pendamping dan Dosen Pembimbing  berlangsung di depan gedung Fakultas MIPA. Pelepasan di hari pertama PKMT Desa Stunting dan Desa Cantik di halaman kampus tersebut melibatkan peserta yang siap turun melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik di 14 Desa Kecamatan Singosari. 

Pemberangkatan peserta PKMT  ini sebagai bentuk Implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Sebagai mahasiswa, Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan suatu bentuk perkuliahan dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Agar dapat melakukan tugas sesuai dengan harapan, sebelum terjun ke lapangan mahasiwa dua hari yang lalu tepatnya Rabu, 8 Juni 2022, sudah terlebih dahulu diberi arahan oleh Ketua PKMT, Dr. Heru Harsono, M.Si , dan Narasumber-narasumber lainnya yang dilibatkan dalam mengodok mahasiswa yang siap Turun PKMT.

Dalam kegiatan pemberangkatan tersebut, Widodo menekankan pada mahasiswa agar selalu menjaga keberagaman dan sikap toleransi sesama. Disamping itu, Widodo berpesan agar dalam pelaksanaan PKMT nantinya, mahasiswa dapat membawa diri dengan baik dan menjaga nama baik almamater Universitas Brawijaya dan FMIPA pada khususnya. Tak lupa ia juga mengingatkan untuk saling menjaga kesehatan dan keamanan sesama peserta. 

“Adik – adik disana untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat, bangunglah kompetensi dan implementasikan. Pahami problem dan jangan sampai membuat masalah, Selamat berjuang dan niatkan kegiatan ini bukan sekedar memenuhi kewajiban, namun niatkan juga untuk mengabdi pada masyarakat serta mencari ilmu.”, ujar Widodo. 

Sejumlah 277 peserta  dari total 802 mahasiswa di berangkatkan pada Sabtu (11/06) menuju 14 Desa di Kecamatan Singosari yang terdiri dari desa Banjararum, Watugede, Tunjungtirto, Langlang, Klampok, Purwoasri, Gunungrejo, Toyomarto, Ardimulyo, Randuagung, Tamanharjo, Dengkol, Wonorejo, dan desa Baturetno.

Menurut laporan Ketua PKMT FMIPA UB, Dr. Heru Harsono, M.Si, pemberangkatan peserta PKMT tersebut rencananya dilaksanakan mulai Sabtu – Senin tanggal 11-13 Juni 2022 di 34 desa di Kabupaten Malang dan 55 kelurahan di Kota Malang, Sementara itu, pada hari Minggu (12/6) rencananya akan diberangkatkan sejumlah 216 peserta PKMT menuju Kecamatan Pujon (10 Desa) dan Ngantang (2 Desa) . Kemudian pada Senin (13/6) sisa peserta akan berangkat  menuju  ke Kecamatan Kepanjen (2 Desa), Gondanglegi (2 Desa), Dampit (3 Desa) dan Ampelgading (3 Desa).