Seiring dengan Surat Edaran Rektor No. 2844/UN10/TU/2020 tentang pencegahan penyebaran virus Corona Viruses Desease (COVID-19) di lingkungan Universitas Brawijaya tertanggal 13 Maret 2020, maka Minggu (15/3) Dekan FMIPA Prof. Drs. Adi Susilo, M.Si., Ph.D mengumumkan penundaan pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap 2019-2020 sampai batas waktu yang akan ditentukan lebih lanjut.

Wakil Dekan I, Dr. Serafinah Indriyani, M.Si. mengatakan, langkah – langkah yang akan diambil pihak Dekanat terkait kegiatan akademik terkait pencegahan virus Corona dilingkungan FMIPA akan dibahas pada rapat pimpinan hari ini.

“Kami akan bahas semua langkah – langkahnya setelah rapat dengan pimpinan hari ini”, Ujar Serafinah.

Dalam penjelasannya, Serafinah mengintruksikan Ketua PSIK untuk membuat metode penapisan dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan FMIPA. Tim PSIK menindak lanjuti Ketua PSIK dan membuat form untuk mengetahui riwayat mahasiswa. Sehari sebelum UTS berlangsung, tim PSIK melaunching aplikasi yang harus diisi oleh peserta ujian secara online. Alhasil, sampai hari ini sudah ada 1175 peserta yang sudah merespon dan mengisi form tersebut. Form ini menginfokan aktifitas dan kondisi tubuh peserta ujian. Jika terdapat indikasi penyakit virus Corona, maka peserta akan langsung dievakuasi. Awalnya metode ini dilakukan sebelum pengumuman Dekan FMIPA tentang penundaan UTS disebarkan. Namun setelah pengumuman Dekan diedarkan, maka belum ada kejelasan tindak lanjut terhadap upaya ini.

Ruang Kuliah di Gedung MIPA Center

 

Sementara itu, kegiatan mahasiswa di lingkungan FMIPA tampak sepi. Ruangan kelas yang seharusnya diadakan Ujian Tengah Semester tampak kosong. Aktifitas karyawan tampak berjalan sebagaimana mestinya. Namun hari ini tampak petugas kebersihan ekstra aktif membersihkan ruangan lain dari biasanya. Salah satu upaya yang dilakukan FMIPA dalam pencegahan penyebaran Virus Corona adalah pemberian Hand Sanitizer di setiap ruangan. Hand Sanitizer ini produksi dari mahasiswa PMW FMIPA.

 

Petugas Kebersihan aktif membersihkan gedung MIPA Center

Sejauh ini, upaya – upaya FMIPA dalam pencegahan penyebaran Virus Corona tergolong cepat. Seiring dengan Intruksi Rektor, FMIPA terus memonitor perkembangan informasi dan tetap waspada dalam menghadapi penyebaran Virus Corona (yogie).