Kolaborasi Desa Sumberporong Malang dan Universitas Brawijaya: Ciptakan Aplikasi Inovatif untuk Pelayanan Administrasi Desa

Malang, [6 Juni 2023] – Desa Sumberporong, sebuah desa yang terletak di wilayah Kabupaten Malang, dilakukan peluncuran aplikasi sistem pelayanan administrasi desa yang inovatif, hasil dari kolaborasi erat dengan Universitas Brawijaya Fakultas MIPA. Peluncuran aplikasi ini menandai satu langkah lebih maju dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan layanan administratif dan kualitas hidup bagi warga desa.

Dalam upacara peluncuran pada tanggal 6 Juni 2023 yang dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, perwakilan dari pemerintah daerah, serta staf dan tim Universitas Brawijaya, memberikan sambutan yang mengapresiasi kemitraan yang terjalin antara desa dan universitas. Ia menyatakan, “Kolaborasi antara Desa Sumberporong dan Universitas Brawijaya ini adalah bukti nyata bagaimana kekuatan teknologi dan pendidikan dapat menyatu untuk memajukan pelayanan masyarakat.”

Aplikasi sistem pelayanan administrasi desa ini memungkinkan warga Desa Sumberporong untuk mengakses berbagai layanan administratif seperti pengajuan surat-surat, permohonan izin, dan masih banyak lagi, dengan mudah melalui perangkat komputer desa. Aplikasi ini juga dirancang dengan antarmuka yang ramah pengguna agar dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.

Dalam keterlibatan tim Universitas Brawijaya fakultas MIPA berperan penting dalam pengembangan aplikasi ini. Prof. Dr. Ir. Henny Pramoedya, MS , ketua tim pelaksana, menjelaskan, “Proyek ini tidak hanya memberi mahasiswa kesempatan berharga untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam skenario nyata, tetapi juga membantu memperkuat ikatan antara universitas dan masyarakat.”

Ibu Iddhiningrum, Kepala Desa Sumberporong, mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap Universitas Brawijaya atas kontribusi mereka dalam menghasilkan aplikasi yang bermanfaat ini. “Kami berharap bahwa aplikasi ini akan membuka pintu untuk peningkatan efisiensi administrasi desa dan memberikan kemudahan bagi warga dalam mengurus kebutuhan mereka.”

Peluncuran aplikasi sistem pelayanan administrasi desa di Desa Sumberporong, Malang, yang merupakan hasil kerjasama antara desa dan Universitas Brawijaya, diharapkan akan menjadi contoh inspiratif bagi komunitas lain di seluruh Indonesia untuk menjalin kolaborasi dalam rangka memajukan pelayanan publik melalui teknologi dan pendidikan.

Pentingnya Keselamatan, Kesehatan Kerja…

Kamis (02/05/2024) Divisi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Universitas Brawijaya melakukan sosialisasi di Ruang Rapat MIPA Center Lantai 7…

Nizam, mahasiswa Biologi FMIPA…

Universitas Brawijaya melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sukses menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024, Rabu, 20 Maret 2024 secara luring…

Skip to content