Nizam, mahasiswa Biologi FMIPA UB  terpilih menjadi Mawapres 2024 tingkat Universitas

Universitas Brawijaya melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sukses menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024, Rabu, 20 Maret 2024 secara luring di lantai 6 gedung rektorat UB.

Pada Pilmapres Universitas Brawijaya kali ini diikuti 7 finalis dari tujuh Fakultas. Seluruh finalis mengikuti tahapan penilaian berupa seleksi berkas capaian unggulan, naskah gagasan kreatif, video pidato berbahasa inggris, poster, dan presentasi gagasan kreatif.

M.Nizam Zulfi Zakaria, mahasiswa angkatan 2021 Departemen Biologi FMIPA UB berhasil terpilih menjadi pemenang Mawapres 2024 Universitas Brawijaya. Setelah lolos seleksi tingkat Fakultas pada 10 Maret 2023 lalu.

Kompetisi tahunan yang diselenggarakan UB ini adalah ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi Utama sebagai perwakilan UB di kancah Nasional kedepannya.

Nizam membawa gagasan yang berjudul “Innovation of Nanobilosom-Based Drug Delivery System as The Encapsulator of Nifedipine to Eradicate Pre-Eclampsia in Indonesia”. Dilandasi oleh target prioritas pada pilar ketiga Suistainable Development Goals (SDGs) 2030 yang berupaya untuk mengurangi angka kematian perempuan akibat kehamilan dan kelahiran, Nizam akhirnya mengangkat gagasan tersebut. Menurut Nizam, moralitas pada ibu hamil sebagian besar dipengaruhi oleh Pre-eklampsia yang ditandai oleh tingginya tekanan darah (hipertensi) pada penderitanya. Salah satu obat komersial yang sering diberikan adalah Nifedipine yang memiliki efektifitas tinggi namun bioavailabilitasnya rendah. Oleh karena itu, daripada mencari obat baru, maka Nizam berinovasi untuk mengoptimalkan obat Nifedipine tersebut melalui modifikasi sistem penghantaran obat berbasis Nanobilosom.

Nizam tidak hanya unggul dalam capaian akademiknya, tetapi juga terkenal karena dedikasinya dalam proyek-proyek penelitian yang inovatif serta keterlibatannya yang aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Keberhasilannya menunjukkan bahwa kecerdasan, kerja keras, dan semangat untuk berkontribusi kepada masyarakat adalah kunci bagi kesuksesan seorang mahasiswa. Dalam beberapa tahun ini, mahasiswa asal Jember tersebut banyak menorehkan puluhan prestasi. Ia pernah meraih Gold Medalist  of 7th International Avicenna Youth Science Fair (IAYSF) 2022 by Indonesian Young Scientist Association., Gold Medalist of Global Competition for Life Sciences 2023 by Indonesian Young Scientist Asscosiation, 1st Winner and The Best Presentator of National Paper Competition CATALIST 2023 by SRE UB dan masih banyak prestasi lainnya.

Kepala Departemen Biologi FMIPA UB, Yoga Dwi Jatmiko, S.Si., M.App.Sc., Ph.D. berharap Nizam dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi menuju ke tahap seleksi selanjutnya yaitu seleksi wilayah dan terus maju ke tahap Nasional mewakili Universitas Brawijaya.

Kasubag Akademik, Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama dan Kewirausahaan Mahasiswa FMIPA UB, Ika Wuriyanti, SE., MM. menuturkan bahwa tujuan dari Pilmapres ini adalah meningkatnya kesadaran pengelola kampus untuk memfasilitasi kreatifitas mahasiswa melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler juga memberikan penghargaan pada mahasiswa berprestasi serta meningkatnya gagasan kreatifitas mahasiswa.

“Saya ikut bangga dan senang atas diraihnya Juara 1 Mawapres tahun 2024 ditingkat Universitas oleh saudara Nizam. Tentunya peningkatan yang luar biasa dari tahun 2023 lalu dimana FMIPA belum masuk di Juara 1-3 maupun harapan 1-3. Untuk itu saya berharap Nizam dapat menigkatkan prestasinya dibidang akademik maupun non akademik untuk melaju ke jenjang Nasional. Kami warga FMIPA UB pun akan mendukung dan mendoakan agar Nizam mendapatkan hasil yang terbaik”, papar Ika.

Mahasiswa bimbingan Prof. Muhaimin Rifai, S.Si., Ph.D.Med.Sc tersebut mengucapkan terima kasih pada kemahasiswaan FMIPA dan RITMA yang telah memfasilitasi secara maksimal hingga ia lolos dan terpilih menjadi pemenang Pilmapres UB 2024.

“Saya menyadari bahwa pencapaian ini bukan merupakan akhir, melainkan langkah awal terhadap tanggung jawab yang lebih besar dengan menyandang gelar Mawapres utama UB. Saya juga berharap agar mampu mengemban amanah ini dengan sebaik – baiknya, serta senantiasa menjaga nama baik dan sebisa mungkin mengharumkan nama Universitas Brawijaya di kancah Nasional maupun Internasional’, ujar Nizam.

Saat ini dan kedepan, Nizam mulai mempersiapkan diri untuk seleksi tingkat wilayah yang rencananya akan digelar pada 2-10 Mei 2024 mendatang. Penghargaan Pilmapres tidak hanya menjadi momen penghormatan bagi Nizam, tetapi juga merupakan pengakuan bagi semua mahasiswa yang telah berusaha keras dalam mengejar keunggulan di berbagai bidang. Semangat kompetisi ini diyakini akan terus mendorong inovasi dan prestasi di kalangan mahasiswa Universitas Brawijaya khususnya mahasiswa FMIPA UB di masa mendatang.(yog)

Pentingnya Keselamatan, Kesehatan Kerja…

Kamis (02/05/2024) Divisi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Universitas Brawijaya melakukan sosialisasi di Ruang Rapat MIPA Center Lantai 7…

Nizam, mahasiswa Biologi FMIPA…

Universitas Brawijaya melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sukses menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024, Rabu, 20 Maret 2024 secara luring…

Skip to content