Penelitian

Saat  ini  fakultas  MIPA memiliki   dosen  sekitar 178  orang  dengan komposisi sekitar 32,6% berpendidikan S3, 53,6% berpendidikan S2 dan 13,8%  berpendidikan S1. Hal  ini menunjukkan tingginya potensi  dosen untuk melaksanakan TRIDARMA perguruan tinggi terutama penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat.   Meskipun FMIPA memiliki jumlah penelitian yang didanai terbanyak di lingkungan universitas Brawijaya, namun nisbah jumlah dosen/penelitian (NDP)pada tahun 2007 = 5.5 yang artinya setiap 5 orang dosen mengerjakan satu proyek penelitian. Idealnya setiap dosen yang bergelar S2 dan S3 memiliki proyek penelitian sehingga setidaknya di FMIPA ada sekitar 130 judul penelitian setiap tahunnya. Disamping itu jumlah publikasi internasional juga masih sangat kecil atau hanya sekitar 12 judul pada tahun 2007 atau hanya sekitar 30% dari total judul penelitian yang didanai. Potensi SDM yang sangat besar ini harus diberdayakan untuk meningkatkan daya saing FMIPA sebagai penyelenggara pendidikan yang berstandar internasional (world class Faculty) melalui peningkatan jumlah penelitian dan publikasi internasional.

FMIPA sebagai pusat ilmu-ilmu dasar memiliki tugas sebagai sumber penemuan-penemuan ilmiah yang mendasar yang membangun suatu kaidah, model, atau postulat baru untuk mendukung perkembangan ilmu-ilmu terapan dan teknologi untuk kesejahteraan umat manusia. Penelitian-penelitian dasar ini umumnya tidak berorientasi pada  ekonomi jangka pendek  sehingga masih belum mendapat prioritas oleh pemerintah untuk didanai. Akan tetapi penelitian ini menjadi titik awal pengembangan ilmu dan teknologi. Oleh kerena itu FMIPA perlu memberi dukungan kepada penelitian-penelitian yang berorientasi mendasar dan lintas-disiplin dengan arah pengembangan ilmu yang jelas dan sesuai dengan program payung jurusan.

Indikator kinerja bidang penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa jumlah penelitian yang telah memiliki roadmap dan memiliki link match dengan industri/masyarakat juga masih sangat kecil. Sehingga perlu dilakukan usaha untuk membuat arah penelitian yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat/industri. Oleh karena itu FMIPA mentargetkan bahwa setiap jurusan memiliki Road Map penelitian yang jelas sebagai kompas penelitian dan pengembangan ilmu di jurusannya.

Untuk meningkatkan capaian kinerja bidang penelitian, P3M membuat kebijakan penggunaan dana hibah penelitian DPP/SPP pada tahun anggaran 2013 ini di tujukan untuk: (1). menurunkan nilai nisbah jumlah dosen dengan jumlah penelitian dan publikasi, (2). mendorong pengembangan ilmu dasar (fundamental research), (3). Membangun track record peneliti, dan (4). Menginisiasi penelitian  yang terarah/ bersinergi dengan roadmap  penelitian jurusan. Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan capaian kinerja fakultas guna mewujudkan misi FMIPA yang mampu menjadi institusi terkemuka didunia international dan mampu menjawab tantangan kebutuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang menunjang pembangunan masa depan melalui kegiatan penelitian yang berkesinambungan.

Pengabdian

Puji syukur kami panjatkan kehadlirat   Alloh  SWT  atas kesempatan yang diberikan, sehingga buku Pedoman Pengabdian   Kepada Masyarakat untuk dana DPP/SPP FMIPA Tahun Anggaran 2013 ini dapat terselesaikan. Secara umum, buku ini adalah merupakan buku panduan  tahun  anggaran  sebelumnya yang telah mengalami revisi disesuaikan dengan  kebutuhan untuk Tahun Anggaran 2013 dengan beberapa  penambahan  sesuai  dengan  perkembangan  kebutuhan. Hal  mendasar  dari edisi  ini  adalah:

  1. Bahwa   seluruh  jurusan  maupun  program   studi  di  FMIPA Universitas Brawijaya sudah menggunakan dana DPP/SPP sebagai alat untuk menjalankan roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang tersusun mulai tahun 2009,
  2. Memberi kesempatan bagi  dosen untuk melakukan Penelitian/Pengabdian kepada Masyarakat secara Mandiri (Penelitian/Pengmas Mandiri), dan
  3. Kewajiban bagi Peneliti maupun Pengabdi untuk melakukan seminar/ presentasi: proposal, laporan kemajuan (progress  report),  maupun  laporan akhir (final report).

Untuk menjaga agar proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat tetap  berada  pada  jalur  roadmap, maka pada panduan  ini  juga  kami lampirkan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari masing-masing jurusan di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Sebagai salah satu komponen wajib Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengabdian kepada  Masyarakat  wajib  dilakukan  oleh  seluruh  Dosen  setidaknya  sekali  dalam setahun. Oleh karena itu, sejak Tahun Anggaran 2011 ini, diharapkan dana DPP/SPP dapat memenuhi  kebutuhan seluruh Dosen untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat meskipun tidak menutup   kemungkinan untuk melakukan Pengabdian kepada Masyarakat secara Mandiri maupun menggunakan sumber anggaran kompetitif lainnya.

Monitoring  dan evaluasi  (MONEV)  yang intensif  dari masing-masing  jurusan maupun reviewer sangat diperlukan agar kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat dapat  dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, keleluasaan yang diberikan kepada jurusan untuk melakukan proses seleksi dan menentukan  proposal yang diterima juga harus diiringi dengan MONEV yang ketat, sehingga roadmap dapat terlaksana secara berkesinambungan dari tahun ke tahun.

Malang, 15 Januari 2013

Ketua P3M FMIPA UB

Prof. Dr. Ir. Henny Pramoedyo, MS.

Close Menu