Sabtu (16/9), Prof. Dr. Isnani Darti, S.Si., M.Si. dikukuhkan sebagai profesor Universitas Brawijaya (UB) dalam bidang Ilmu Matematika Terapan. Prof. Isnani dikukuhkan bersamaan dengan empat guru besar lain yaitu, Prof. Dodi Wirawan Irawanto SE., M.Com., Ph.D, Prof Tri Eko, Prof. Dr. Ir. Syafrial, MS., Prof. La Choviya Hawa, STP., MP., Ph.D., dan kelimanya dikukuhkan pada hari Sabtu 16 September 2023. Prof. Isnani merupakan Profesor aktif ke 24 di Fakultas MIPA UB dan ke 335 dari keseluruhan Profesor yang dihasilkan UB. 

Ia menyampaikan pidato pengukuhan berjudul ‘Gunakan Matematika untuk Pengembangan Ekologi, Epidemiologi dan Eko-Epidemiologi,’. Dalam jumpa pers Jum’at (15/9), ia  menjelaskan peran Ilmu Matematika dalam Pandemi Covid19 beberapa tahun lalu. Matematika digunakan sebagai landasan pengembangan sains dan teknologi, dengan sifatnya yang abstrak dan rigor. Tak hanya itu, matematika juga berperan dalam dinamika populasi, dan perannya dalam bidang ekologi, epidemiologi dan eko-epidemiologi.

“Ke depan konsep tentang matematika yang dihubungkan dengan Eko-Epidemiologi bisa berguna jika ada suatu kejadian pandemi lagi. Ya memang kami tidak berharap hal demikian terjadi lagi, tapi ini membuktikan kegunaan matematika,” kata Prof. Isnani.

Prof. Isnani berharap penelitian matematika terapan yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan komputasi, baik untuk masalah epidemi, ekologi, eko-epidemiologi, maupun bidang lain dapat terus digiatkan. “Selain itu juga terbangunnya komunikasi dan sinergi (kolaborasi yang kuat) di antara matematikawan, ilmuwan, pakar kesehatan, praktisi, maupun pengambil kebijakan,” paparnya. 

 

 

 

 

Skip to content