Suasana penuh semangat dan antusiasme memenuhi kampus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya saat para mahasiswa baru memulai perjalanan mereka dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2023 Program Sarjana yang berlangsung selama dua hari (18-19/8). Acara ini bertujuan untuk menyambut para calon akademisi dan membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan kampus yang baru.

Dalam pembukaan resmi acara, Dekan FMIPA UB, Ratno Bagus Edy Wibowo, S.Si., M.Si., Ph.D menyampaikan ucapan selamat datang dan bergabung di FMIPA kepada seluruh mahasiswa baru. “Kami sangat senang menyambut kalian semua ke dalam keluarga besar FMIPA Universitas Brawijaya. FMIPA ini adalah tempat di mana kalian akan menjelajahi alam, menggali potensi diri menjadi manusia yang bijak, mengejar impian, mengembangkan bakat, melakukan research dan menciptakan kenangan tak terlupakan,” ujarnya dengan penuh semangat.

Dalam sambutannya, Bagus juga menjelaskan tentang fasilitas, sumber daya dan prestasi Fakultas MIPA di berbagai kompetisi baik Nasional maupun Internasional. Dalam presentasinya, ia menjelaskan tentang FMIPA yang memiliki 18 Prodi dengan mahasiswa aktif sebanyak 4622 (Sarjana dan Pascasarjana) didukung 148 tenaga pengajar yang 29 diantaranya sudah bergelar Guru Besar dan akan bertambah menjadi 35 Guru Besar dalam waktu dekat. Disamping itu, ia menuturkan bahwa FMIPA telah menerima 10 penghargaan di hari Kemerdekaan Republik Indonesia dalam GIRAFEE AWARD 2023 yang diberikan oleh Rektor Universitas Brawijaya menyangkut tentang berbagai bidang layanan (Governance, Innovation, Reputation, Alumni, Faculty, Fund and Efficiency).

 

 

“FMIPA sudah memiliki 13 Prodi dari 18 Prodi yang sudah terakdreditasi Unggul, dan alhamdulillah semua Prodi Sarjana sudah Terakreditasi Internasional. Didukung dengan BEM, kami siap mengawal masa depan yang terang”, paparnya.

Sebanyak 1052 mahasiswa diterima sebagai mahasiswa baru yang terbagi atas 9 Program Studi dengan rincian 145 (Biologi), 82 (Fisika), 89 (Instrumentasi), 94 (Teknik Geofisika), 167 (Kimia), 83 (Ilmu Aktuaria), 152 (Matematika), 51 (Sains Data), 189 (Statistika).

Konsep kegiatan PKKMB kali ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Kali ini FMIPA menggelar talkshow dengan menghadirkan para alumni FMIPA yang telah sukses dalam berkarir dan berusaha. Sesi talkshow yang dilangsungkan pada hari pertama menghadirkan narasumber alumni Jurusan Kimia, Drs. Sunarno (Direktur PT. Samudra Embun Anugerah), Dr. Rahma Febriani, S.Si., M.T. alumni Jurusan Kimia (Direktur PT. LyondellBasell Advanced Polyolevins. dan Dr. Erick Hermawan, M.T alumni Jurusan Kimia (CEO EH Corporation). Sementara di hari kedua, hadir sebagai narasumber antara lain Dr. Nurjannah, S.Si., M.Phil., Ph.D (Wakil dekan bidang akademik FMIPA UB) dan H. Adang Wijaya, S.Si., MM. alumni Jurusan Matematika (CEO PT. Global Insight Utama – Green Nitrogen), Zulfaidah Penata Gama, S.Si., M.Si., Ph.D alumni Jurusan Biologi (Ketua Pusat Informasi dan Dokumentasi UB), dan Prof. Akhmad Sabarudin, S.Si., M.Sc., Dr.Sc. alumni Kimia (Dosen FMIPA UB) juga UPT Perpustakaan dan ULTKSP oleh Risalatul Latifah, S.Si., M.Si.

Talkshow tersebut menyuguhkan pengalaman narasumber ‘survive‘ di masa perkuliahan hingga bisa meraih gelar yang dapat memotivasi mahasiswa FMIPA UB dalam memulai perkuliahan. Kegiatan Talkshow berjalan interaktif dan banyak respon dari mahasiswa baru.

“Saya merasa berkesan dengan acara PKKMB kali ini, karena sangat seru bisa lihat alumni yang sangat pinta dan dapat dicontoh. Fasilitas nya bagus dan panitianya baik banget. Smoga saya bisa jadi Data analis yang bagus”, ujar Danta dari Salah satu Maba dari Prodi Sains Data.

 

“Kesan saya, senang banget karena gedungnya nyaman, isi talkshow sangat bermanfaat bagi studi saya selanjutnya, smoga saya bisa dapat nilai yang baik”, ujar Sela salah satu maba Sains Data.

“Selama menjalani PKKMB, kakak – kakak panitia sangat baik dalam menjawab pertanyaan kami”, Ujar Rizal maba dari Prodi Matematika.

DSC_0233 (3)
Skip to content