Sukses Besar, FMIPA UB Gelar Monev Program Kerja Lembaga Mahasiswa

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya sukses menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Kerja tahunan Lembaga Mahasiswa untuk mengevaluasi kinerja dan capaian program-program yang telah dilaksanakan selama satu tahun terakhir pada Minggu – Senin, 3-4 Desember 2023 di Amarta Hill Resort Kota Batu. Acara ini merupakan bagian integral dari upaya lembaga untuk meningkatkan kualitas dan dampak positif terhadap mahasiswa dan lingkungan kampus.

Kegiatan Monev tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UB, Ratno Bagus Edy Wibowo, S.Si., M.Si., Ph.D. Dalam acara tersebut dihadiri sekitar 70 peserta yang antara lain terdiri dari Pimpinan Fakultas, perwakilan lembaga mahasiswa, dosen pembina dan tenaga kependidikan bagian kemahasiswaan FMIPA UB.

Dalam kegiatan Monev ini, sejumlah program unggulan yang telah dijalankan oleh lembaga mahasiswa dievaluasi secara menyeluruh, termasuk keberlanjutan, efektivitas, serta dampaknya terhadap mahasiswa dan masyarakat kampus. Proses evaluasi dilakukan dengan melibatkan pimpinan, pengurus lembaga, anggota, dan staf tendik kemahasiswaan.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, Agustinus menyampaikan bahwa kegiatan Monev ini dilaksanakan sebagai bentuk akuntabilitas lembaga kepada mahasiswa dan Fakultas . “Kami sangat berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dan menciptakan dampak positif di lingkungan kampus. Melalui Monev ini, kami dapat melihat sejauh mana pencapaian kami dan mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki untuk tahun mendatang,” ujar Agustinus.

Acara Monev diawali dengan presentasi laporan kegiatan yang mencakup tujuan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari berbagai program yang telah dilaksanakan. Selanjutnya, dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi yang melibatkan peserta, dosen pembina, dan pimpinan Fakultas.

Wakil Dekan III FMIPA, Chomsin Sulistya Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D. mengapresiasi kinerja lembaga dalam menjalankan programnya. Sementara itu Dekan berharap proses kaderisasi berjalan baik dan kualitas mahasiswa baru akan jauh melesat dan semangat dalam berprestasi dan berorganisasi.

“Yang paling penting berkaitan dengan program kemahasiswaan adalah menjaga keseimbangan prestasi akademik dan kegiatan kemanusiaan. Kami ucapkan terima kasih, kegiatan Lembaga Kemahasiswaan menunjukkan hasil tiga kali lebih baik dari sebelumnya”, ujarnya.

Sementara itu Darjito selaku pembina RITMA menilai bahwa kuantitas capaian sudah memberikan hasil yang baik. Ia menekankan perlunya kerjasama tiap lembaga demi keberhasilan program RITMA mendatang.

“Kalau RITMA punya prestasi, sesungguhnya itu adalah prestasi semua lembaga mahasiswa. Ritma tanpa sokongan lembaga lain, maka RITMA tidak bisa apa – apa. Saat ini tingkat kompetensi PKM makin ketat, kita perlu terobosan. Jika kita bisa pertahankan prestasi PKM, maka kita sudah on the track”, tegasnya.

Hasil dari Monev akan menjadi dasar untuk perbaikan program-program lembaga mahasiswa dan perencanaan kegiatan tahun berikutnya. Keberhasilan acara ini menjadi momentum positif bagi lembaga mahasiswa untuk terus berkontribusi dalam memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa dan masyarakat kampus.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama dan ditutup pada pukul 11.00 WIB oleh Dr, Sugeng Rianto, M.Sc mewakili pimpinan Fakultas MIPA UB. (yog)

Pentingnya Keselamatan, Kesehatan Kerja…

Kamis (02/05/2024) Divisi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Universitas Brawijaya melakukan sosialisasi di Ruang Rapat MIPA Center Lantai 7…

Nizam, mahasiswa Biologi FMIPA…

Universitas Brawijaya melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sukses menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024, Rabu, 20 Maret 2024 secara luring…

Skip to content