Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Brawijaya

Fakultas Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) didirikan pada tahun 1987 untuk mencetak generasi ilmuwan melalui pendidikan dan mendorong kemajuan ilmu pengetahuan melalui riset. Fakultas MIPA memiliki tujuh belas program studi yang memperoleh pengakuan di tingkat nasional dan internasional.

Fakultas MIPA memiliki 154 tenaga pengajar (dosen), dengan 27 di antaranya memiliki gelar guru besar. Jumlah peserta didik aktif di dalam Fakultas MIPA mencapai 4000 mahasiswa pada tahun 2021. Sebanyak 579 mahasiswa memperoleh penghargaan atau memenangi berbagai kompetisi inovasi dan ilmiah di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2021.

Dari sisi penjaminan mutu sebagai organisasi penyelenggara pendidikan, Fakultas MIPA memperoleh ISO 21001:2018 yang merupakan standar internasional untuk sistem manajemen pendidikan. Fakultas MIPA juga menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi nasional dan internasional, perusahaan dan instansi pemerintah, yang diimplementasikan dalam berbagai kegiatan seperti double degree, student mobility, penelitian kolaboratif, maupun kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Baca Selengkapnya

VISI

Pada tahun 2030 menjadi institusi teladan dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan matematika dan sains berstandar internasional serta pendidikan keprofesian yang menunjang industri berbasis budaya untuk kesejahteraan manusia.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan matematika dan sains berstandar internasional;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan matematika dan sains yang bermanfaat bagi masyarakat;
  3. Berpartisipasi dalam mengambil peran menyelesaikan permasalahan masyarakat dan  meningkatkan apresiasi masyarakat pada matematika dan sains.

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi FMIPA UB mengacu pada Peraturan Rektor Nomor 23 Tahun 2022 tentang Organisasi Tata Kelola Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

SEJARAH DEKAN FMIPA UB