Kontingen Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Fakultas MIPA Meraih medali Emas, Perak dan Perunggu di Pimnas XXXI tahun 2018 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan yang laksanakan di Yogyakarta sejak 28 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 membawa FMIPA menjuarai pameran poster dan juga presentasi.

Kemenangan tersebut merupakan hasil kerja keras mahasiswa dalam mengumpulkan sejumlah emas dan perunggu.

“Jumlah medali yang dikumpulkan oleh mahasiswa FMIPA UB sebanyak 7 medali, terdiri 1 medali Emas kategori Poster, 2 medali Perak kategori Poster dan Presentasi serta 4 medali perunggu kategori Presentasi, kata Wilda salah satu peserta tim FMIPA.

Sebanyak kurang lebih 440 produk turut serta dalam pameran kali ini, pada Kamis (30/8/2018) siang sekitar pukul 12.30 WIB dilaksakan penilaian oleh juri terhadap pameran poster dan gelar produk PIMNAS setelah pelaksanaan Upacara Pembukaan, sedikit lebih banyak daripada PIMNAS tahun lalu yang hanya berjumlah 420.

Penjurian berlangsung mulai pukul 12.30 hingga pukul 15.00 WIB yang kemudian dibuka untuk dipamerkan kepada pelajar serta masyarakat umum pada pukul empat sore hingga berkhir pada hari Sabtu (1/9/2018).
Berbeda dengan gelaran PIMNAS tahun lalu, karena diadakan di Gedung, penjurian poster dan display produk pada PIMNAS kali ini dilaksanakan tertutup, hanya peserta saja yang boleh berada di dalam Gedung yang nantinya akan didatangi juri penilai yang berkeliling untuk menggali informasi tentang poster dan produk yang ditampilkan.

Dalam proses penjurian tiap-tiap tim diwakili hanya satu orang peserta yang akan mempresentasikan dan menjelaskan hasil karyanya kepada juri. Penilaian poster ini juga berpengaruh dalam penilaian keseluruhan lomba dalam penentuan Juara Umum PIMNAS.

Disediakan waktu 20 menit untuk sesi penyajian serta sepuluh menit sesi tanya jawab dengan juri dan peserta. Performa penyajian materi, kemampuan menjawab pertanyaan tim Juri dan penonton, serta distribusi tugas dalam menjawab berbagai pertanyaan.

“Kesannya sangat luar biasa, karena PIMNAS adalah ajang paling bergengsi dikalangan mahasiswa, rasanya bangga bisa bersaing dengan seluruh mahasiswa diseluruh Indonesia dari Sabang – Merauke bahkan Papua”, papar Wildatus Sa’diyah, ketua tim 2 FMIPA.

Wilda beserta tim, raih medali emas dalam kategori poster

Wilda juga menjelaskan bahwa saingan berat berasal dari kontingen UGM Yogyakarta.
“Mereka lebih konsisten dan tidak lengah” paparnya.

Menurut mahasiswi bimbingan dari Siti Mariyah Ulfa, M.Si., Ph.D (Jurusan Kimia FMIPA UB)  yang menyabet medali emas bersama timnya ini, penilaian kategori poster adalah kejelasan isi dan desain yang menarik tapi tidak terlalu rumit dipahami.

Keberhasilan tim Fakultas MIPA dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2018 ini tidak lain berkat semangat dan antusiasme yang tinggi para peserta dan juga dukungan yang  oleh semua pihak mulai dari civitas akademika, pembimbing, dan orang tua.

Para peserta yang telah membuat harum nama Fakultas ini berharap agar tim FMIPA di ajang PIMNAS berikutnya bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi agar lebih maksimal dalam pencapaiannya [yogie].

Close Menu