Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UB)  menggelar Pelatihan Operator Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dan Sistem Informasi Wisuda (SIUDA) bagi para karyawan seiring dengan adanya rotasi staf yang berjalan berkala bertempat di ruang pertemuan gedung MIPA CENTER ruang MC.1.3, Sabtu (15/9).

Kegiatan ini diikuti oleh Kasubbag Akademik, Instruktur  TIK UB dan seluruh operator SIAKAD  tiap Jurusan, operator Fakultas dan operator SIUDA. Wakil dekan I Bidang Akademik, Dr. Serafinah Indriyani, M.Si  menekankan pentingnya pemahaman tentang aplikasi SIAKAD, SIUDA dan sistem pelaporannya. Disamping itu ia menjelaskan bahwa tuj
uan pelatihan ini adalah penyegaran apa yang dikerjakan setiap hari agar semakin mahir mengunakan aplikasinya.

Sesi pertama membahas tentang input data KRS, Nilai, Mata Kuliah dan distribusinya, KHS reguler dan semester pendek, Dosen, Cuti kuliah dan langkah – langkah yang harus dilakukan oleh operator Jurusan dan Fakultas mulai awal hingga akhir. Disamping itu dijelaskan pula tentang studi kasus yang dapat menimbulkan masalah akibat kelalaian operator dalam memasukkan data ke dalam aplikasi SIAKAD.

Sesi kedua membahas tentang penggunaan user operator SIAKAD. Awal Budi Nurcahyo, A.Md menjelaskan pentingnya menyimpan password secara pribadi dan tidak membaginya dengan orang lain serta hak akses pada sistem informasi.

Wakil dekan I berharap agar pelayanan akademik nantinya dapat meningkat seiring dengan diadakannya pelatihan berkala bagi operator [yogie].

Close Menu