Graha Sainta UB – Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan Darjito, S.Si., M.Si turut hadir dan memberikan presentasi penyambutan mahasiswa baru dalam rangkaian PKKMABA 2018 Fakultas yang berlangsung pada Kamis, (16/8).

Wadek III mengatakan bahwa dari tahun ke tahun, prestasi mahasiswa Fakultas MIPA mengalami peningkatan. Jumlah mahasiswa berprestasi bidang penalaran misalnya tahun 2015 sebanyak 59 orang, tahun 2016 sebanyak 63 orang, dan tahun 2017 sebanyak 103 orang. Sementara bidang Minat dan Bakat juga meningkat tajam, dari 3 orang menjadi 41 orang ditahun 2017.

Beliau menjelaskan arah pengembangan kegiatan kemahasiswaan ada 6, (1) bidang penalaran dan kreatifitas, (2) kesejahteraan dan kewirausahaan, (3) minat, bakat/hobi dan ormawa, (4) penyelarasan dan pengembangan karier, (5) pengembangan mental spiritual/keagaaman, bela negara, kebangsaan, anti narkoba, anti radikalisme, (6) internasionalisasi (AIMS,AUG,Universiade,sukmalindo, invention dll).

Sementara itu bidang pengembangan penalaran dan kreatifitas terbagi menjadi Olimpiade Nasional MIPA (ONMIPA), National University Debate Championship ( NUDC ),  PKM dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), MAWAPRES (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi), KONTES BOBOT.

Bidang Kesejahteraan dan kewirausahaan terdiri dari Beasiswa (BPP, Bidikmisi, Adik,     OSI, PPA dll), Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Nasional, PMW (Program Mahasiswa Wirausaha), Program Belajar Bekerja Terpadu (Cooperative Academic Education Program (Co-op), dan Program Pendukung (TOT bagi dosen dan kewirausahaan dll).

Bidang Minat bakat dan ORMAWA meliputi KKN Kebangsaan/Revolusi mental, Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara (PERMATA), Pelatihan Bela Negara/Kewiraan, Kepramukaan, Program Hibah Bina Desa (PHBD), Program kolaborasi dengan BNN, BNPT dll.

Program Internasionalisasi terdiri World University Debating Championship, (WUDC), UNIVERSIADE & SUKMALINDO (Kejuaraan Olahraga Internasional), Education and Student Service (AUG), Student Exchange / Credit Tranfer (AIMS, ASEM dll), Leadership (One Young World (OYW), Rintisan MTQ (Muhibah Seni Internasional), dan Join Program invention / Kejuaraan Ilmiah Internasional.

“Tahun ini kita meraih 7 medali emas dari lomba – lomba”, Ungkapnya.

Wadek bidang kemahasiswaan memberi motivasi untuk berkarya dan berprestasi. mahasiswa yang meraih medali emas, dapat dibebaskan dari skripsi dan mendapat nilai A. Terbukti, tahun lalu ada 3 orang mahasiswa  dari Jurusan Kimia lolos.

“Buatlah prestasi sebanyak – banyaknya, inshaAllah yang lain mengikuti” Ungkap Wakil
Dekan bidang kemahasiswaan.

“2 tahun lalu, mahasiswa FMIPA menang dibidang penelitian dan menjadi juara dunia, dan kalau sudah berprestasi  jangan lupa berkontribusi ajak adik kelasnya untuk berprestasi juga”. Paparnya.

Sebelum mengakhiri, beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa yang aktif berorganisasi dan mengikuti pembinaan dari Fakultas, masa studinya selalu tepat waktu dan baik, tegasnya. [yogie]

 

 

Close Menu